Bus Sumbar “Bacemok” Kembali ke Rantau Efek Puta Kapalo

SuhaNews – Banyaknya perantau Minang yang pulang kampung, membuat bus rute Sumbar – Jakarta “Bacemok, bacilapuik” (kotor-red) oleh debu jalan Lintas Sumatera.

“Ini efek puta kapalo, selesai turunkan penumpang kami langsung putar balik ke Jakarta, karean trip dari sana sudah menunggu,” ujar Ril (42) salah satu pengemudi bus saat ditemui SuhaNews di terminal Bareh Solok, Selasa (9/4) sore. rantau rantau rantau

Ia menyebutkan, biasanya masih ada jeda semalam sebelum kembali berangkat sembari mempersiapkan mobil baik luar apalahi interior. Mulai dari mengepel lantai, mengganti selimut dan bantal sampai menvakum seat dan seluruh ruangan dalam kabin bus, kemudian berangkat sesuai dengan jadwal trip yang ditentukan kantor.

“Ini benar-benar puta kapalo, selesai turunkan penumpang langsung balik kanan, untuk mandi saja kita di terminal atau nanti di rumah makan. Untuk bus, akan disterilkan kembali sebelum penumpang naik dari Jakarta menuju Sumbar nanti,” ulasnya tetap semangat walau wajahnya terlihat lelah.

Ril mengatakan, selama musim mudik awak bus sibuk mengangkut dan melayani penumpang, untuk istirahat hanya di kabin bus bagian belakang. Kalau misalnya ada gangguan kesehatan atau tidak fit, biasanya sudah disiapkan sopir cadangan oleh kantor.

Kondisi seperti ini terjadi hampir di semua perusahaan bus yang melayani rute Sumbar – Jakarta maupun berbagai kota lainnya. Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Kemungkinan PSBB Sumbar di Perpanjang dengan Aturan Lebih Ketat
- Advertisement -
- Advertisement -