Sungai Tarab Luncurkan Klinik Konsultasi Pengelolaan Keuangan Nagari

sungai
Sungai Tarab luncurkan Klinik Konsultasi pengelolaan keuangan
Sungai Tarab, SUhaNews – Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar terapkan Pola Pembinaan Pengelolaan Keuangan Nagari. Klinik Konsultasi ini diluncurkan, Kamis (27/8/2020) di Kantor Camat Sungai Tarab.

“Inovasi sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan agar pelaksanaan pelayanan ataupun pengelolaan dapat berjalan dengan baik,” ujar Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma. saat meluncurkan Klinik Konsultasi ini.

Inovasi yang digagas Kecamatan Sungai Tarab ini, ujar Wabup, sangat membantu pemerintah nagari dalam pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pertanggungjawaban.

“Kita melihat inovasi ini menghadirkan sebuah klinik konsultasi pengelolaan keuangan nagari,” ujar Zuldafri Darma.

Inovasi ini, jelas Wabup, diharapkan menjadi sarana peningkatan pemahaman pemerintahan nagari terhadap tata cara ataupun prosedur pengelolaan yang baik sehingga aparatur yang mengelola keuangan tidak berurusan dengan hukum karena penyalahgunaan ataupun penyimpangan pengelolaan keuangan.

“Inovasi yang dilahirkan Kecamatan Sungai Tarab ini diharapkan juga dilaksanakan di 13 kecamatan lainnya di Tanah Datar,” kata Zuldafri Darma.

Inovasi ini, jelas Zuldafri, layak dikembangkan dan diimplementasikan  di seluruh jajaran pemerintahan, terutama di nagari. Program ini menghasilkan pengelolaan yang transparan, tepat sasaran dan efektif.

Sementara Camat Sungai Tarab Afrizal ‘Ayah’ mengatakan bahwa inovasi ini dilahirkan sebagai bahan penyelesaian pendidikannya.

“APB Nagari yang dikelola sangat rentan terhadap kesalahan pengelolaan yang bisa menyebabkan berurusan dengan hukum,” jelas Ayah.

Dana APB Nagari, jelasnya, ada di kisaran Rp750 juta sampai Rp.1,4 Milyar. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk mengelola secara transparan dan akuntabel.

“Kecamatan mengambil langkah menyediakan klinik pembinaan agar aparatur nagari paham dan mengerti dengan pengelolaan keuangan yang baik bekerjasama dengan instansi terkait yang ada di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Dengan inovasi ini, ujar Camat Afrizal, diharapkan keterlambatan penetapan APB Nagari beberapa waktu belakangan tidak mengalami keterlambatan lagi.

“Keterlambatan penetapan APB Nagari akan berdampak terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan di nagari. Inovasi klinik pengellaan keuangan ini diharapkan bisa mengatasi hal itu,” ungkapnya.

Camat Afrizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wabup, Kadis Kominfo yang turut menyediakan aplikasi khusus, Camat se-Tanah Datar, OPD lainnya, Forkopimca dan Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab.

“Insya Allah kita bisa dan menjadi lebih baik dalam pengelolaan keuangan nagari,” ujar Camat Sunggai Tarab ini.

Reporter: Dajim       Editor: Wewe 

Facebook Comments

loading...