Cegah Virus Corona, Bupati Solok Keluarkan Imbauan

Cegah Virus Corona, Bupati Solok Keluarkan Imbauan
Arosuka, SuhaNews  – Bupati Solok mengeluarkan imbauan untuk mengenali gejala virus corona, seperti demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu sebagai upaya pencegahan. Jika ada gejala ini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

“Kenali gejala virus corona yang sudah terdeksi di Indonesia,”  ujar Bupati Solok H. Gusmal Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Maryeti Marwazi, Kamis (5/3) di Arosuka.

Apabila gejala tersebut, dirasakan, jelas Maryeti, sebaiknya datangi Puskesmas dan petugas medis terdekat. Masyarakat diharapkan bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Usahakanlah minum air putih hangat sesering mungkin minimal 8 gelas/hari.

“Seluruh staf kesehatan dan lintas sektor telah dibekali dengan materi seputar pencegahan, gejala, penyebaran sampai tindakan terhadap virus corona ini,”  jelas Maryeti.

“Bupati Solok sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 443.33/502/BUP/SE/2020 tentang kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia dari Negara Republik Rakyat Tiongkok ke Indonesia,” jelas Maryeti.

Surat edaran tersebut, jelas Kadis Kesehatan,  ditujukan Kepada Kepala SKPD, Direktur RSUD Aro Suka, Camat, Kepala UPT Dinkes serta Wali Nagari se-Kabupaten Solok terkait langkah preventif dan promotif serta tindakan terkait virus corona. Diharapkan surat edaran ini bisa ditindaklanjuti semua lembaga terkait.

“Dinas Kesehatan telah membuka pusat informasi kewaspadaan dan kesiapsiagaan Covid-19 atau Virus Corona,” jelas Maryeti.

Di samping itu, juga dilakukan sosiaslisasi melalui baliho yang dipasang pada beberapa tempat strategis, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang pasti tentang virus corona ini.

Penyerahan Leaflet

Penyerahan poster kepada kepada SKPD

Pada apel gabungan, Kamis (5/3) di Koto Baru, jelas Maryeti juga dilakukan penyerahan leaflet kepada semua SKPD dan masyarakat tentang pencegahan virus corona. Di samping itu sosialisasi juga terus dilakukan.

BACA JUGA  Pemkab Solok Gelar Rembuk Stunting

“Sudah ada jadwal sosialisasi dan pembentukan Satgas tingkat kecamatan,” jelas Maryeti.

“Juga ada SOP bagi tamu atau warga Solok yang baru pulang dari luar  negeri,” jelass Maryeti. Wewe

Facebook Comments

loading...