Cerianya Santri Surau Lakuak Kembali Ikuti Didikan Subuh

273
ceria
Para santri Surau Lakuak mengikuti Didikan Subuh dengan semangat dan ceria.
Solok, SuhaNews. Tawa ceria kembali hiasi kaki bukit barisan disudut Batang Pamo nagari Pianggu kec. IX Koto Sungai Lasi Kab. Solok, Minggu (14/6) pagi. Para santri Surau Lakuak kembali mengikuti didikan subuh setelah terhenti lebih kurang tiga bulan.

cer

Para santri dengan semangat menembus dingin pagi mendatangi surau mreka yang lebih kurang tiga bulan ditinggalkan karena memtuhi PSBB. Kaki yang basah karena embun pagi tak mereka hiraukan.

Di surau, mereka duisambut dua ustadzah yang selama PSBB hanya berkomunikasi secara daring. Mereka pun menyalami ustadzh Dayu dan Susi secara bergantian.

Kedua ustadzah ini mengingatkan para santri untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tanga sebelum dan sesudah beraktivitas hingga menjaga jarak.

Satu per satu agenda didikan subuh dijalankan, mulai dari Salat Subuh Berjamaah Tilawah Al Qur’an, Pidato sampai pengucapan janji didikan subuh diikuti oleh santri dengan antusias. Seperti biasa, acara ditutup dengan satrapan bersama yang disajikan oleh donatur.

Agenda rutin usai didikan subuh kembali dijalankan, yakni gotong royong membersihkan lingkungan surau. Dengan kecerian dan ksadaran sendiri, para santri ini berbagi tugas. Yang putri mencuci piring selesai sarapan dan yangputra membersihkan lingkungan surau hingga tempat wudhuk.

“Alhamdulillah, para santri cukup semangat dan antusias dalam didikan subuh perdana di surau Lakuak. Keceriaan mereka seakan menebus rindu tiga bulan tidak berkumpul di surau ini,” ujar Refni Dayu ustadzah pengasuh surau Lakuak.

Ditambahkan Dayu, selama libur para santri tetap belajar secara daring. Mereka menyetorkan hafalannya dan melaporkan ibadah melalui WA orang tua masing-masing.

ceria

“Selain itu, kami juga menggelar berbagai lomba termasuk peringatan Nuzul Qur’an. Hal ini dilakukan untuk memotivasi sekaligus menjaga agar mereka tetap belajar selama dirumahkan,”tukas Susi menimpali.

Untuk hadiah bagi perlombaan yang digelar ada donatur yang menyumbang. Selain itu selama Ramadhan, surau Lakuak juga menggelar kegiatan berbagi sembako yang juga berasal dari donatur. Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...