Cuti Kampanye, Walikota dan Wawako Solok Tinggalkan Rumah Dinas

kampanye
Wako Solok, H. Zul Elfian bersama istri
Solok, SuhaNews – Wali Kota H. Zul Elfian dan Wakil Wali Kota Solok Reinier menyerahkan aset dan fasilitas jabatannya melalui Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A, Jum’at (25/9), karena keduanya tengah cuti untuk mengikuti kampanye Pilkada 2020.
Pengembalian aset ini terkait dengan pencalonan keduanya sebagai Walikota Solok 2021-2026. Penyerahan aset itu ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan fasilitas jabatan Walikota dan Wakil Walikota, di kediaman resmi masing-masing.

Fasilitas kedua pimpinan daerah tersebut, diserahkan secara simbolis kepada Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A. Dalam kesempata ini Sekda didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. H. Muhammad, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Dedi Asmar, Kepala Bagian Umum Zulferi, SH, Kepala Bagian Pemerintahan Drs. Hendri,M.Si, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Solok Nurzal Gustim, SSTP, MSi serta perwakilan dari Inspektorat.

Penyerahan aset ini terkait dengan cuti di luar tanggungan negara bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solok.

“Hal ini sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang,” jelas Syaiful.

kampanye
Wawako Solok Reinier bersama istri

Selanjutnya, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti di luar Tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, memuat ketentuan yang menegaskan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus menjalani cuti di luar tanggungan negara.

“Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dalam menjalankan kampanye dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya,” tambah Syaiful.

Walikota maupun Walikota Solok sudah mengajukan permohonan cuti ini, yakni melalui Surat  Nomor 100/54/Pem-2020 dan Surat Walikota Solok Nomor 100/55/Pem-2020 tanggal 4 September 2020 perihal permohonan cuti Wali Kota Solok H. Zul Elfian dan Wakil Wali Kota Solok Reinier.

“Selama menjalankan cuti, Walikota dan Wakil Walikota dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya saat ini,” jelas Sekda Syaiful A.

Dalam Pilwako Solok pada 9 Desember 2020 mendatang, Zul Elfian dan Reinier sama-sama mencalonkan diri sebagai Walikota Solok. Zul Elfian menggandeng Ramadhani Kirana Putra, sementara Reinier berpasangan dengan Andri Marant.

Empat pasangan calon Walikota Solok yakni Reinier-Andri Marant,  Zul Elfian-Ramadhani Kirana Putra, Ismael Koto-Edi Candra dan Yutris Can-Irman Yefri Adang akan berebut suara mendapatkan BA 1 P. Wewe

Baca juga:

Facebook Comments

loading...