Data Belum Tuntas, Bansos di Solsel Belum Cair

232
bansos
SuhaNews. Masih belum bisa ditetapkannya jumlah penerima dan belum cairnya Bantuan Sosial (Bansos) yang dianggarkan melalui dana APBD Solsel, dikarenakan data penerima Bansos dari Kementerian Sosial belum tuntas.

Artinya pihak Pemkab. Solsel saat ini masih terkendala menetapkan penerima Bansos melalui dana APBD, dikarenakan belum keluarnya data by name by adres penerima Bansos dari Kemensos, ” kata Kadis Sosial PMD/N, Zulkarnaini pada wartawan, Rabu (13/5).

” misalnya Solsel dijatah menerima sebanyak 6 ribu, namun karena data by name by adresnya belum keluar, maka kita belum bisa tetapkan jumlah penerima Bansos dari APBD Solsel, ” menurut Zukkarnaini.

Jadi pokok permasalahan terlambatnya penetapan penerima Bansos dari APBD Solsel, karena kita takut nanti ada data penerima Bansos itu dempet, dan sudah pasti akan berdampak pelanggaran, ” tambah Zulkarnaini yang didampingi Kabag Humas Solsel, Firdaus Firman.

Kepada masyarakat Solsel, Sumbar, Zulkarnaini berharap untuk sabar. Sudah lima belas hari lalu pihaknya menyerahkan data ke Kemensos, namun belum juga turus data by name by adres itu, ” katanya.

Zulkarnaini sudah menanyakan pada pihak Kemensos, jika Solsel masih ada salah data. Namun pihak Kemensos meminta pihak kita untuk bersabar, karena yang mengerjakan data ini adalah sistem, atau mesin bukan dikerjakan secara manual oleh manusia.

” Jadi kita diminta untuk bersabar, karena yang dikerjakan saat ini adalah data dari seluruh Indonesia, ” kata pihak Kementerian sebagaimana ditirukan Zulkarnaini.

Bahkan saat ini Rabu (13/5/2020) sampai malam dikantor pihak Dinas Sosial akan lembur bersama PSM, TKSK dan tenaga ahli untuk mensesuaikan data yang masuk dari seluruh nagari agar tidak ada yang ganda,” tambah Zulkarnaini.

“Terkait dengan masih adanya warga yang belum menerima Bansos nantinya, pihak Pemkab. Solsel akan membantu pula dengan Sembago yang berasal dari CSR perusahaan yang sudah kita terima,” katanya.

Zulkarnaini juga mengingatkan pada seluruh masyarakat Solsel untuk bersabar menunggu pencairan bantuan. Pasalnya kita masih berkutat dengan masalah pencocokan data agar tidak ada yang doble.

Meski demikian, Zulkarnaini bersama dengan jajarannya akan berusaha keras dan tetap oprimis untuk menyegerakan bantuan ini sampai ke tangan masyarakat yang berhak sesuai dengan jadwal kebutuhan di saat lebaran ini.

editor : Lim sumber : BeritaMinang.com

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...