Dekranasda Kota Pariaman Dorong Pengembangan IKM Pot Bunga Sabut Kelapa

dekr
Pariaman, SuhaNews – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pariaman, Sumatra Barat mendorong usaha pengembangan industri kecil menengah (IKM) yang membuat pot bunga dari sabut kelapa hingga dapat merekrut warga setempat menjadi tenaga kerja.

“Pemesanan dan pemasaran Pot bunga ini dilakukan melalui luring dan daring,” kata Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Lucyanel Genius di Pariaman, Selasa (19/1/2021).

Meskipun produk yang diproduksi oleh pelaku IKM, Melani (28) dan keluarganya banyak diminati oleh masyarakat, jelas Lucyanel Genius, namun perlu inovasi bentuk agar usaha yang dijalankan bertahan dan berkembang.

Jika usaha berkembang, maka pelaku IKM itu akan bisa merekrut warga setempat menjadi tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan.

“Kami sudah berdiskusi dengan Melani terkait kendala yang dihadapi dan kami dari Dekranasda menindaklanjuti,” katanya, sebagaimana dirilis MC Kota Pariaman.

Dekranasda siap untuk membina pelaku IKM tersebut agar usahanya dapat berkembang.

Sementara Melani mengatakan bahwa saat ini dirinya hanya dibantu oleh saudaranya untuk memenuhi pesanan dari konsumen. Dirinya ingin mengembangkan usahanya sehingga dapat merekrut warga setempat.

“Saya berharap nanti ada pelatihan sehingga saya dapat mengelola usaha ini,” ujarnya.

Sebelumnya seorang ibu di Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatra Barat, Melani Syafitri (28) membuka usaha membuat pot bunga dari sabut kelapa di masa pandemi Covid-19 dengan omzet mencapai Rp4 juta per bulan.

“Sebelumnya saya hanya bantu-bantu ibu jualan di kedai nasinya, tapi karena pandemi usaha ibu saya sepi pembeli,” kata dia.

Ia mengatakan pada saat itu salah seorang temannya menyarankan membuat pot bunga dari sabut kelapa sehingga pada April 2020 dirinya mencoba membuat dan mengunggah foto produk yang dibuatnya ke media sosial yang ternyata banyak peminat.

BACA JUGA  Penumpang dari Kuala Lumpur yang Dirujuk ke RSUP M Jamil Meninggal Dunia

Ia menyampaikan bahwa pot bunga yang dibuatnya tidak hanya dipasarkan untuk daerah setempat, juga dipasarkan ke Kota Padang, Pekanbaru, serta Medan. (*/Wewe)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...