Diikuti 91 Peserta, Kemenag Kab. Solok Gelar Test Penyuluh Agama Islam Non PNS

kemenag
Koto Baru, SuhaNews. Bertempat di kampus MAN 1 Solok pada Minggu (8/12), kantor Kementerian Agama Kab. Solok menggelar seleksi Penyuluh Agama Non PNS yang diikuti oleh 191 peserta.
Tes yang dilaksanakan serentak dengan daerah lainnya ini dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pakis H. Armadi yang didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar bersama Kasubbag TU dan para Kepala Seksi.

H. Armadi salam sambutan pembukannya menyampaikan bahwa Penyuluh Agama merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam menyampaikan program kerja kepada masyarakat. Selain itu Penyuluh Agama juga berkewajiban melayani masyarat dibidang keagamaan melalui pembinaan, penyuluhan dan pencerahan.

kemenag

“Persoalan radikal, alisan sempalan atau sesat juga perlu peran penyuluh agama untuk membenengi terjadinya hal tersebut,” ujar H. Armadi.

Diujung sambutannya H. Armadi berharap jika lulus nantinya Penyuluh Agama harus terus meningkatkan kompetensi, baik pengetahuan maupun teknologi. Agar dapat memaninkan peran Penyuluh sebagai informatif, edukatif, onsultatif dan advokatif bagi masyarakat.
Senada dengan H. Armadi, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar yang ikut memberikan sambutan mengatakan bahwa Penyuluh Agama selain memiliki integritas yang baik juga mengusai produk-produk layanan masyarakat yang diberikan oleh Kementerian Agama. Mulai dari pelayanan Nikah Rujuk, Pelayanan Penyelenggaraan Haji, Madrasah dan Pondok Pesantren, agar dalam terjun ke masyarakat, Penyuluh Agama mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat.
kemenag
Untuk itu kepada Penyuluh Agama selain aktif terjun ke masyarakat juga secara intens menjalin komunikasi dengan Kantor Kemenag, Kantor KUA dan lintas sektoral agar dapat selalu update informasi terbaru.
Semantara itu Kasi Bimas Islam kantor Kemenag Kab. Solok yang ditemui disela acara mengatakan bahwa untuk Penyuluh Agama Periode 2020-2024 ini, Kabupaten Solok memiliki kuota sebesar 112 orang. Yang ikut tes ini sebanyak 91 orang untuk kemudian disaring menjadi 25 orang.
Tes yang dijalani oleh peserta adalah tes tulis dan wawancara yang akan dilangsungkan setelah ujian tulis selesai.
kemenag
Adapun kuota yang 87 orang lagi diisi oleh Penyuluh Agama yang berakhir periode tugasnya ditahun 2019 ini, dan secara kompetensi mereka dinyatakan layak dan berhak untuk diperpanjang masa tugasnya sesuai dengan rugulasi yang ada.
Untuk hasil test ini sendiri akan diumumkan pada tanggal 23 Desember 2019 mendatang dan pemberkasan bagi yang lulus pada 26 Desember 2019 nanti.
reporter : Hengki  editor : Moentjak

Facebook Comments

loading...