Dikpora Kab Solok Gelar Gebyar Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri

kab
Bupati Solok, H. Gusmal pada GP3M di Dikpora kab Solok
Arosuka, SuhaNew – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok menggelar Gebyar Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) di Arosuka, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus diwakili oleh Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Proivinsi Sumatera Barat Dr. Wisma Edrimon, M.Pd., Kadis Dikpora H. Zulkisar, Ketua Forum PKBM H. Syafrizal Ben, Nara Sumber Dra. Hj. Sumarni, dan peserta seminar Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M).

“GP3M merupakan gerakan yang didorong pemerintah dalam rangka memberdayakan kaum perempuan pada masa Pandemi  Covid-19,” ujar Ketua Pelaksana Zainal Jusmar.

Pandemi Covid-19, jelasnya, membuat semua orang,  terutama perempuan terdampak dan rapuh. Dengan gerakan ini memberikan peluang dan penguatan kepada perempuan untuk mendapatkan pendidikan, keterampilan dan kecakapan hidup agar terampil dalam  mengembangkan  potensi yang dimiliknya.

“GP3M  dimaksudkan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perempuan untuk memperoleh pendidikan di masa normal maupun di tengah Pandemi Covid-19,” tambah Zainal.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok ini, jelas Zainal Jusmar, juga diikuti sahabat Dikmas serta zoom metting di 14 titik PKBM  dengan jumlah peserta 350 orang.  Kegiatan berupa Pameran dengan menampilkan hasil produk keterampilan peserta di 10 lembaga penerima bantuan PKHP.

kabBupati Solok H. Gusmal dalam sambuatannya mengatakan bahwa pendidikan menjadi bidang prioritas utama dalam pembangunan sumber daya manusia untuk kaum perempuan.

“Pemberdayanh perempuan memiliki bidang garapan yang sangat luas, maka diperlukan gerakan-gerakan serta program pendidikan kesetaraan perempuan berbagai pendidikan Vokasi lainya,” jelas Gusmal.

Pemberdayaan perempuan, jelas Bupati Solok, lebih ditekankan pada upaya membuat perempuan Indonesia bisa mandiri dengan mempunyai jiwa kewirausahaan.

“Terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Masayarkat dan Pendidikan Khusus Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yang telah menunjuk Kabupaten Solok sebagai pelaksana kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP),” ujar Bupati Gusmal.

Sementara Wisma Endrimon mengapresiasi GP3M yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok ini. Ia mendorong, kegiatan serupa juga dilakukan di kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat. Wewe

Baca juga:

Facebook Comments

loading...