Dinas Dikbud Kota Bukittinggi Studi Tiru ke Dinas Dikpora Kota Pariaman

dinas
Kota Pariaman, SuhaNews – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi lakukan studi tiru ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman.

“Kita melakukan studi tiru tentang Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk pelajar SMA/SMK, dan Penerapan Muatan Lokal BSM (Budaya Sastra Minangkabau) di Kota Pariaman,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Asmara Rabu (21/7/2021).

“Komitmen Walikota Pariaman, Genius Umar sangat tinggi untuk  bidang pendidikan,” tambah Asmara.

Baca juga: LPMN Panyakalan Studi Tiru Pengelolaan BUMNag ke Danau Kembar

Kota Pariaman, jelas Asmara, sukses membuat BKK untuk diberikan ke Provinsi Sumbar. BKK tersebut dibayarkan kembali ke Kota Pariaman untuk pembiayaan siswa SMA/SMK yang telah menjadi tanggung jawab Provinsi Sumatera Barat.

“Kota Pariaman juga pencetus muatan lokal BSM untuk pelajar di daerahnya,”  tambah Asmara.

Kepala Disdikpora Kota Pariaman, Kanderi, didampingi Sekretaris, Hartati Taher dan Kabid Dikdas Yurnal, menjelaskan, bahwa BKK dan kurikulum muatan lokal ini merupakan ide dari Walikota Pariaman, Genius Umar.

“Kota Pariaman ingin mewujudkan wajib belajar 12 tahun dan mempertahankan khazanah lokal dan kultur daerah minang kabau melalui BSM ini,” jelas Kanderi.

Walikota, Genius Umar, jelas Kanderi selain mencetuskan BKK, juga melahirkan Kartu Pariaman Pintar, program Sagasaja yang telah berjalan sejak Tahun 2019 sampai sekarang.

“Banyak kerjasama yang telah dilakukan Pemko Pariaman dengan politeknik dan universitas di Indonesia untuk menyukseskan kegiatan ini,” terangnya. (*/We)

Baca juga: Deli Serdang Studi Tiru ke Padang Panjang dalam Mengelola Pustaka-Arsip

 

Facebook Comments

BACA JUGA  DPMPTSP Pesisir Selatan Belajar ke DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam
loading...
Artikel sebelumyaPedoman Masyarakat, Takdir Hamka, In Memoriam Buya Hamka (1908-24 Juli 1981) Edisi 2
Artikel berikutnyaUcapan Selamat Hari Anak Nasional 2021 dari Wabup Tanah Datar