Dinas Dukcapil Kabupaten Solok Launching Aplikasi Saling Seru

Arosuka, SuhaNews  – Dinas Dukcapil Kabupaten Solok menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kamis, 8 Desember 2022 di Gedung Solok Nan Indah, Arosuka.

Rakor ini dihadiri oleh Bupati Solok diwakili Askor Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Syahrial, MM., Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Eva Nasri, SH, MM., Kepala Kantor Kemenag H. Zulkifli, S. Ag, MM., Ketua Pengadila Agama Solok Rina Eka Fatma, S. H. I, M. Ag., Ketua Pengadilan Negeri Solok Bayu Agung Kurniawan, S. H., Keluarga (Alm) Bapak Alipur, BA Tokoh Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Solok, Kepala OPD, Camat, Walinagari, Pimpinan BUMD dan BUMN.

Baca juga: Mutasi Bergulir, Bupati Agam Lantik Pejabat Administrator Disdukcapil

Ketua Panitia  yakni Kepala Disdukcapil Kab Solok  Ricky Carnova menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Solok yang menghadiri kegiatan ini.

“Rakor ini dilaksanakan dalam rangka perbaikan Tata Kelola Pemerintahan khususnya Peningkatan Kualitas Administrasi Kependudukan bagi masyarakat,” ujar Ricky Carnova.

Paska melaunching beberapa inovasi pada 28 Juni 2022 lalu,  terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah layanan Disdukcapil. Pada Januari – Mei 2022 sekitar 9.000 pelayanan Administrasi kependudukan, sementara Juni – Oktober 2022 meningkat menjadi 10.000 pelayanan.

“Kami berharap, usai kegiatan ini semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya di Disdukcapil Kabupaten Solok,” tambah Ricky Carnova.

Inovasi yang telah diluncurkan, jelas Ricky Carnova,  diantaranya Marawa (Melayani Akses Dokumen Dari Rumah Via WA), Semakin Sedap (Setelah Menikah Semua Dokumen Dapat), Kak Tika (KK, Akta Cerai Seketika), Sijarla (Sistem Kejar Bola), Pak Alipur (Paket Akta Kelahiran Dibawa Pulang Tanpa Diurus).

“Pada kegiatan kali ini Dinas Dukcapil melaunching Aplikasi Saling Seru (Satu Link Untuk Semua Urusan),” jelas Ricky Carnova.

BACA JUGA  Sekda Kabupaten Solok Launching Semarak Program Kirana

Bupati Solok diwakili Syahrial mengatakan bahwa pelayanan kependudukan ini merupakan pelayanan dasar dan suatu kewajiban bagi pemerintah terhadap masyarakat. Dalam pelayanan Administrasi Kependudukan ini harus punya banyak perubahan dan inovasi sesuai dinamika perundang undangan yang berlaku.

dukcapil“Kami bangga dan memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Kab Solok karena telah memberikan pelayan yang inovatif dan adaptif kepada masyarakat serta inovasi – inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Syahrial.

Mudah mudahan dengan adanya Link Saling Seru yang diluncurkan Disdukcapil Kab Solok akan lebih mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Kami mengharapkan walinagari memiliki input atau pembaruan data masyarakat nagarinya seperti kelahiran dan kematian yang nantinya akan diserahkan kepada Disdukcapil,” tambah Syahrial.

Dalam kesempatan ini Pemkab Solok memberikan Piagam Penghargaan The Most Achievement kepada keluarga (Alm) Bapak Alipur sebagai Tokoh Administrasi Kependudukan Kabupaten Solok dan Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan KIA antara Disdukcapil dan Dispersip Kab Solok. (Wewe)

Baca juga: Pertama di Sumbar, Wako Fadly Amran Luncurkan Pembayaran PBB-P2 Melalui Aplikasi Tokopedia

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -