Sekda Kabupaten Solok Launching Semarak Program Kirana

solok
Sekda Medison launching Semarak Program Kirana
Arosuka, SuhaNews – Sekda Kabupaten Solok Medison melaunching Semarak Program Kirana (Kartu Identitas Anak Bersama Nagari) dan Simpel (simpanan pelajar), Rabu (21/9) di SMPN 5 Gunung Talang.

“Terima kasih kepada Dinas Dukcapil dan Bank Nagari yang sudah memberikan perhatian khusus kepada SMPN 5 Gunung Talang sebagai tuan rumah launching Semarak Program Kirana ,” ujar Kepala SMPN 5 Gunung Talang, Syafril.

Baca juga: Kadis Dukcapil Ricky Carnova: Identitas Digital Kependudukan Mulai Diberlakukan

Semarak Program Kirana merupakan hasil kerjasama Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Barat dengan Bank Nagari, yang dilaksankan di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

“Indonesia termasuk salah satu negara yang belum memiliki kartu identitas anak di ASEAN,” ujar Medison.

launching ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Dukcapil Ricky Carnova, Kadis Dikpora Zainal Jusmar, Kepala Cabang Bank Nagari Albert Junaidi, Camat Gunung Taang, Para Wali Nagari se- Kecamatan Gunung Talang, Kepala SMP, dan para siswa, serta undangan lainnya.

Kabupaten Solok, jelas Sekda Medison, berharap bisa merealisasikan 70 persen  anak 0 s.d 17 tahun memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) pada akhir 2022 ini. Sementara realisasi saat ini baru sekitar 50% dari 119.500 anak.

Bagi warga yang sudah berusia di atas 17 tahun, memiliki e-KTP. Sementara warga di bawah 17 tahun perlu memiliki KIA, sehingga mereka juga mengurus paspor, kartu tabungan dan keperluan lainnya.

“Diharapkan semua anak Kabupaten Solok sudah memiliki KIA pada 2023 mendatang,” harap Medison.

Dalam kesempatan itu Sekda Medison juga memberikan motivasi kepada para siswa agar belajar dengan benar. Di samping itu, juga dibutuhkan keberanian dalam mengambil tindakan.
“Kalian merupakan pemimpin masa depan, karena itu selain kecerdasan dibutuhkan keberanian untuk mengambil tindakan,” jelas Medison.

BACA JUGA  Bangun SDM Digital, Cybers Academy Gelar Pelatihan Wartawan

Sebelumnya, Kepala Dinas Dukcapil, Ricky Carnova mengatakan bahwa Semarak Program Kirana ini menindaklanjuti kerjasama Dukcapil Provinsi Sumbar dan Bank Nagari.

“Kabupaten Solok mendapatkan kuota 700 KIA, diharapkan bisa dituntaskan di SMPN 5 Gunung Talang ini,” jelas Ricky Carnova.

Sebanyak 390 siswa SMPN 5 Gunung Talang, jelas Ricky akan mendapat KIA sekaligus mendapatkan Kartu Simpanan Pelajar (Simpel) dari Bank Nagari.

Sementara untuk tindak lanjutnya, jelas Ricky Carnova, pihaknya akan bekerja sama dengan sekolah yang ada di Kabupaten Solokk. Diharapkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bisa memintakan data ke semua sekolah di Kabupaten Solok agar proses pembutan KIA bisa lebih cepat.

“Ada sekitar 72.000 anak di bangku pendidikan yang perlu mendapatkan KIA ini,” tambah Ricky Carnova.

solokSementara Kepala Cabang Bank Nagari Solok Albert Junaidi, juga memberikan kartu Simpel kepada para siswa SMPN 5 Gunung Talang. Bahkan mereka yang memiliki tabungan lima terbanyak mendapatkan hadiah dari Bank Nagari.

“Kita berharap semua siswa bisa menabung di Bank Nagari,” harap Albert Junaidi.

Pada kesempatan itu, Bank Nagari juga menyediakan doorprize untuk para siswa, yang bisa menjawab pertanyaan spontan dari jajaran Bank Nagari. (Wewe)

Baca juga: Dinas Disdukcapil Sijunjung Terapkan Identitas Digital Secara Bertahap

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakHujan, Penyambutan Kakanwil Kemenag Sumbar di MAN 2 Bukittinggi Tetap Meriah
Artikulli tjetërKakanwil Kemenag H. Helmi Buka Rakor K3MA se-Sumbar di MAN 2 Bukittinggi