DPRD Kabupaten Solok Menyetujui Ranperda Kerjasama Daerah

kabupaten
Arosuka, SuhaNews – DPRD Kabupaten Solok menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Ranperda tentang Kerjasama Daerah dan Pelestarian dan Pemgembangan Adat dan Penetapan Ranperda menjadi Perda, Jumat (24/12).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ivoni Munirdan dihadiri oleh Pj Sekda Medison, Wakil Ketua DPRD Lucki Efendi, anggota DPRD, Forkopimda, Plt.Sekwan Drs Zaitul Ikhlas, dan dan para kepala SKPD.

Baca juga: Pemkab-DPRD Agam akan Bahas 47 Ranperda Pada 2022

Hasil Pembahasan Pansus II dibacakan oleh Vivi Yulistia Rahayu.  Ia menjelaskan bahwa maksud dilakukan pembahasan Ranperda tentang Kerja Sama Daerah ini adalah untuk mengeluarkan persetujuan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Solok terkait dengan perlunya mengatur kebijakan tentang Kerja Sama Daerah di Kabupaten Solok.

“Kita berharap lahirkan Peraturan Daerah tentang Kerja Sama Daerah,” jelas Vivi Yulistia Rahayu.

Ranperda ini, jelas berasal dari Inisiatif DPRD Kabupaten Solok. Sebelumnya DPRD Kabupaten Solok juga telah berhasil melahirkan Perda tentang Kepariwisataan, Perda Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan dan Perda tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Sementara hasil Pansus III dibacakan oleh Renaldo Gusmal.  Ia menyampaikan bahwa Propemperda tahun 2022 tidak ada tercantum Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 dan Permendagri Nomor 77 tahun 2020 bahwa penetapan Perda Pengelolaan Keuangan Daerah harus sudah ditetapkan tahun 2022.

“Pansus III DPRD Kabupaten Solok menyetujui Ranperda Pelestarian dan Pengembangan Adat untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” jelas Renaldo Gusmal.

Sekda Medison mengapresiasi DPRD atas inisiatifnya DPRD dalam melahirkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Kerjasama Daerah dan Ranperda tentang Pelestarian dan Pengembangan Adat  ini

BACA JUGA  Bupati Solok Lantik 11 Pejabat Administrator, Dua Turun Eselon

“Ini merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki urgensi yang sangat penting dalam upaya peningkatan kinerja pemerintah daerah,” jelas Medison. (Wewe)

Baca juga: 7 dari 8 Fraksi DPRD Kab Solok Setujui Ranperda RPJMD 2021-2026

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumya30 Paket Sembako Disalurkan LKKS Agam di Tanjung Mutiara
Artikel berikutnyaTP PKK Kabupaten Solok Gelar Gebyar Vaksinasi