Dinas Lingkungan Hidup Gelar Lomba Nagari Peduli Sampah

dinas
Arosuka, SuhaNews – Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Solok ke-109, Dinas Lingkungan Hidup menggelar lomba Kantor Bersih dan Nagari Peduli Sampah.

“Kegiatan diikuti oleh seluruh Dinas/Badan, Kantor Camat dan 14 nagari dari 14 Kecamatan,” ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Zulhaimi Senin (29/3) di Arosuka.

Baca juga: Bupati Tanah Datar Tes Drive Mobil Listrik Yang Ramah Lingkungan

Penilaian kantor bersih, jelas Zulhaimi, mencakup tentang penataan taman, kebersihan ruang kantor, penataan arsip, pohon pelindung, pemakaian air, kebersihan WC, himbauan tentang kebersihan dan hemat listri dan air dan himbauan lainnya, termasuk kebersihan drainase.

“Tim melihat kondisi nyata di setiap kantor,” ujar Zulhaimi.

Sampah, jelas Zulhaimi, masih menjadi persoalan baik di kantor maupun di masyarakat. Belum semuanya disiplin dalam penanganan sampah, terutama sampah plastik dan rokok.

“Nyaris semua kantor menediakan asbak rokok, namun abu dan puntung rokok dibiarkan berserakan di luar asbak dan di luar tong sampah,” jels Zulhaimi.

Dalam penilaian Nagari Peduli Sampah, jelas Zulhaimi, pihaknya melihat bagaimana nagari menangani sampah rumah tangga. Selain melihat regulasi yang ada, juga melihat cara menangani sampah dalam keseharaian.

“Ada beberapa nagari yang sudah memiliki perna (Peraturan Nagari) dalam penanganan sampah ini,” jelas Zulhaimi.

Nagari tersebut ada yang menangani sendiri sampahnya, ada juga yang sudah menandatangani MoU dengan Dinas Lingkungan Hidup. Nagari tersebut terlihat tertata dengan baik, sampah tidak berserakan di pinggir jalan.

“Kini ingin sampah dikelola dengan baik,” tambah Zulhaimi.

Melalui lomba kantor bersih dan nagari peduli sampah ini, ia berharap ada tindak lanjut dari semua instansi bagaimana menjaga kebersihan lingkungan kerja masing-masing, sehingga menghadirkan kenyamanan dalam bekerja. (Wewe)

BACA JUGA  Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan Sosialisasikan Sekolah Adiwiyata

Baca juga: Dinas Perkim Lingkungan Hidup Kota Pariaman Targetkan Uji 500 Sampel Air

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTausiyah UAS di Masjid Raya Sumbar Dihadiri Puluhan Ribu Jamaah
Artikulli tjetër10 Huntara di Malampah Dibangun Kominfo Bersama Humas Polres dan PWI