Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Tampung Hasil Produksi IKM

dinas
Pesisir Selatan, SuhaNews – Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menampung berbagai hasil produksi Industri Kecil Menengah (IKM) dari daerah setempat.

Hasil produksi seperti Fashion, Kerajinan Tangan dan Makanan Khas daerah dari para IKM ditaruh pada Galeri oleh-oleh yang terletak di sebelah kantor Dinas Perdagangan itu.

Baca juga: Pemko dan Pelaku IKM Matangkan Pembangunan Sentra Rendang Kota Padang

“Pemanfaatan ruang Galeri sebagai pusat informasi oleh-oleh tersebut baru dimanfaatkan sekitar satu bulan ini,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pesisir Selatan, Mimi Riarty Zainul, Kamis (13/1).

Galeri dan pusat informasi oleh-oleh ini, jelas Mimi Riarty Zainul, memang masih baru. Jadi, belum kita launching. Di sini ada banyak hasil produksi IKM yang ditampung, ada fashion, kerajinan tangan, makanan dan lain-lainnya.

Beragam produksi IKM yang telah ditampung di Galeri oleh-oleh itu, kata Mim,i diantaranya Batik Sulaman Bayangan, Batik Lumpo dan jenis kuliner daerah seperti rendang dengan berbagai ragam olahan,  ketan durian dan lamang golek.

“Kita akan terus promosikan Galeri ini karena ini menjadi harapan para IKM kita,” tambahnya.

Para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini untuk membeli oleh-oleh sebagai buah tangan setelah mengunjungi destinasi wisata Carocok Painan dan sekitarnya.

“Tamu luar daerah pertama yang mengunjungi Galeri oleh-oleh itu adalah Wakil Bupati Sarolangon. Lalu, pada Kamis (13/1) juga diburu oleh istri-istri Direksi dan Komisaris Bank Nagari Wilayah Sumatera.

Para istri pimpinan Bank Nagari, jelas Mimi Riarty Zainul, rata-rata menyukai keunikan produksi yang ada. Seperti halnya di bidang Fashion.

Batik Sulaman Bayangan dan Batik Lumpo banyak yang tertarik. Kemudian, dari sisi kuliner, mereka juga membeli Rendang Lokan Ega yang diproduksi di Bunga Pasang, Kecamatan IV Jurai. (*)

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok: 21 Warga Sembuh, 5 Terkonfirmasi

Baca juga: Wakil Walikota Solok Serahkan Bantuan Hibah Peralatan bagi Pelaku IKM

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKementerian Kominfo Memberikan Penghargaan pada Agam Media Center
Artikel berikutnyaMenanamkan Budaya Positif Kedisiplinan Melalui Kesepakatan Kelas