Disparbud Kota Pariaman Persiapkan ADWI 2022 & AMP

Disparbud
KoordinasiSuhanews– Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) Kota Pariaman, gelar Rapat Koordinasi Persiapan ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2022 & Event DEWI (DEsa Wisata) dan DEDI (DEsa Digital) Tahun 2022, tingkat Kota Pariaman, bertempat di ruang rapat Tim Kreatif Disparbud, Kantor Disparbud Kota Pariaman, Desa Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, Rabu (23/2).

Rakor yang mengundang 22 Pokdarwis/Desa yang ada di Kota Pariaman ini sebagai persiapan untuk mengikuti lomba ADWI Tahun 2022 yang akan diselenggarakan oleh Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan merupakan agenda tahunan Kemenparekraf RI.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Disparbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono ini, menyampaikan optimismenya bahwa Kota Pariaman mampu melahirkan desa-desa wisata yang mempunyai daya saing dengan kearifan lokalnya masing-masing.

“Kita berharap desa-desa lainya yang telah lama berbenah, juga mampu membuktikan bahwa desanya mempunyai potensi untuk dilirik nasional, tidak hanya Desa Apar, dan dengan suksesnya Desa Apar, desa-desa lainya kiranya dapat meniru kiat yang dilakukan oleh Desa Apar ini,” ujarnya.

Marhen sapaan akrab Pria kelahiran Banyuwangi ini percaya, bahwa di Kota Pariaman tidak hanya Desa Apar yang mampu membuktikan semangatnya di Kancah Nasional, dan hal ini telah menimbulkan multiflyer efek yang signifikan terhadap kemajuan Desa Apar setelah meraih ajang bergengsi Juara III Desa Digital pada ADWI Tahun 2021 kemaren.

“Dengan antusiasme adanya ADWI, Kota Pariaman yang juga memiliki event Desa Wisata dan Desa Digital (DEWI DEDI) Tahun 2022, yang bertujuan untuk melahirkan desa-desa wisata yang baru yang mempunyai potensi, dan kita akan terus support akan hal tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Apar, Fadel Muhammad mengutarakan dengan keberhasilanya yang sukses meraih predikat Juara III pada ADWI 2021 kemaren, ia memberikan informasi terkait bagaimana teknis pendaftaran serta bagaimana penilaian yang berjalan kepada desa wisata yang hadir pada rapat tersebut.

BACA JUGA  27 UMKM Kembali Hadir di Pusat Kuliner Pintar Kota Pariaman

“Kami berharap, setelah Desa Apar, akan ada lagi Desa dari Kota Pariaman yang sukses dan meraih terbaik dalam gelaran ADWI 2022 ini, sehingga Kota Pariaman dapat terus mempertahankan predikat penghargaan yang pernah diraih, dan kita pasti bisa, karena saya lihat, banyak desa-desa lain yang telah berbenah dalam mewujudkan desanya menjadi Desa Wisata dan Desa Digital,” tukasnya mengakhiri.

Hadir dalam rapat koordinasi ini, Diskominfo dan DPMDES Kota Pariaman, yang pada prakteknya nanti, dua instansi ini dapat membangun desa baru yang berbasis digital. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBahas Pilkada 2024, Bupati Epyardi Asda Terima KPU Kabupaten Solok
Artikulli tjetërPemko Padang Panjang Tanggung Iuran BPJS-TK untuk LPM dan PSM