Ditinjau Wabup, Agam Gelar Pilwana Serentak dengan Sistem e-Voting

serentak
Agam, SuhaNews – Sebanyak 25 nagari dari 82 nagari di Kabupaten Agam melaksanakan pilwana (Pemilihan Wali Nagari) serentak melalui e-voting. 

“Hari ini dilaksanakan Pilwana di delapan nagari,” ujar Kepala DPMN Agam, Asril, Kamis (4/10) di Lubuk Basung.

Baca juga: Pilwana Serentak di Padang Pariaman Sukses, Inilah 29 Wali Nagari Terpilih

Delapan nagari yang melaksanakan Pilwana yakni Nagari Tanjuang Sani, Sungai Batang, Lawang, Tigo Balai, Parik Panjang, Baringin, Sipinang dan Sungai Puar.

“Ini merupakan tahap kedua, yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan tiga hari lalu di empat nagari,” tambah Asril.

IPilwana ini jelas Asril. dilaksanakan empat tahap secara e-voting. Alhamdulillah, inovasi ini dapat perhatian khusus dari daerah lain, salah satunya Kabupaten Pringsewu yang menyaksikan secara langsung Pilwana sistem elektronik ini.

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah yang melakukan monitoring pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak 2021, diberbagai lokasi Kamis (4/11) tampak puas dengan partisipasi masyarakat.

“Partisipasi warga untuk memilih pemimpin di tingkat nagari pun cukup tinggi,” ujar Wabup didampingi Waka Polres Agam, Kompol Syafril, Kepala DPMN Agam, Asril, Kadisdukcapil Agam, Helton, Kepala Satpol PP-Damkar Agam, Kurniawan Syahputra, camat terkait dan lainnya.

Pilwana serentak ini, jelas Irwan Fikri, dilaksanakan secara e-Votting atau pemungutan suara berbasis elektronik. Hasilnya bisa didapatkan cepat dan akurat.

“Setelah pesta demokrasi di nagari ini selesai, diharapkannya warga tetap bersatu dan tidak terpecah akibat beda pilihan,” harap Irwan Fikri.

Pemilu badunsanak itu, sebutnya, jangan sebatas slogan saja, tapi betul-betul diwujudkan, karena siapa terpilih itulah yang terbaik menurut warga. (*)

Baca juga: 119 Calon Wali Nagari Bersaing, Kabupaten Agam Gelar Pilwana Serentak

Facebook Comments

BACA JUGA  Warga Kab. Solok Positif Covid-19 Masuk Klaster Kota Padang
loading...
Artikel sebelumyaLiga Eropa: Diwarnai 3 Kartu Merah, Tottenham Hotspur Tekuk Vitesse 3-2
Artikel berikutnyaKota Pariaman Kembang Water Front City, Batang Pampan Jadi Kawasan Wisata