DPUTR Agam Peroleh DAU Khusus Rp1,9 Miliar Untuk Sambungan PDAM

agam
SuhaNews, —Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 2020 memperoleh dana alokasi khusus Rp1,9 miliar untuk pemasangan 647 sambungan jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Program peasangan sambungan itu telah dibuka semenjak satu bulan lalu di DPUTR Agam dan PDAM Tirta Antokan. Saat ini 600 orang yang telah mendaftar,” kata Kabid Cipta Karya DPUTR Agam, Irman di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan, dana pemasangan 647 sambungan rumah itu telah diajukan pada 2019 dan tahun ini telah direlokasi.

Untuk pemasangan jaringan, tambahnya, masih dalam tahap tender dan diperkirakan pemasangan jaringan itu pada September 2020.

“Pemasangan ini bakal dilakukan apabila kawasan yang akan dipasangkan sambungan sudah ada jaringan pipa PDAM,” katanya.

Ia menambahkan, rumah yang dipasangkan sambungan merupakan rumah yang dihuni, maka sebelum pemasangan dimulai akan melakukan survei lapangan sesuai alamat yang didaftarkan.

Setelah pemasangan selesai dilaksanakan, data pemasangan baru ini akan didaftarkan kepada PDAM Tirta Antokan.

Menurut Irman, pemasangan jaringan gratis itu merupaka program perdana di DPUTR Agam dan tahun depan akan dicoba lagi mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk daerah lain.

“Pada tahun ini program tersebut kita fokuskan di Nagari Lubukbasung dan Garagahan,” katanya.

Direktur PDAM Tirta Antokan, Endrimelson menambahkan jika data pemasangan baru sudah diserahkan, pihaknya akan mendaftarkan dan dimasukkan kedalam sistem untuk dibuatkan rekening.

“Program ini membantu kita untuk upaya meningkatkan jumlah pelanggan yang kini sudah mencapai sekitar 13 ribu sambungan,” katanya.

Editor: Lim Sumber : Sumbar. antaraNews. com

Baca juga :

Facebook Comments

loading...