Dua Madrasah Unggul di Sumbar Terima Siswa Baru Sistim Online

Dua Madrasah Unggul di Sumbar Terima Siswa Baru Sistim Online
Aktivitas siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. foto : fb MAN IC.
Padang, SuhaNews. Kementerian Agama mulai mensosialisasikan penerimaan siswa baru pada dua madrasah unggulnya. Sosialisasi digelar di Aula Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sumbar di Padang pada Senin (20/1).

Sosialisasi bertajuk Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman dan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) Padangpanjang.

Acara ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar H. Syamsul Arifin yang dihadiri oleh Kepala MTs Negeri dan Swasta se Sumatera Barat.

Penerimaan siswa pada kedua madrasah unggul Kementerian Agama ini melalui seleksi online melalui situs resmi  https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2020/ yang didalam terdapat informasi lengkap dari kedua madrasah dimaksud.

Bagi peminat saat mendaftar harus mencantum email aktif, sebagai bahan komunikasi dengan panitia. Nantinya akan ada form data yang akan diisi dalam situs tersebut. MAN IC tetap menyediakan jalur prestasi selain jalur test.

Jalur Test merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan melalui tes berbasis CBT (computer base test) bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Sementara Jalur Prestasi diselenggarakan bagi siswa lulusan terbaik MTs/SMP yang memiliki prestasi atau peraih medali emas (juara 1) pada ajang Nasional.

Mengenai jadwal kegiatan SNPDB dan persyaratan serta informasi lebih lanjut mengenai seleksi tersebut, operator menyilahkan seluruh undangan untuk singgah ke situs resmi yang telah diinformasikan di awal.

Menanggapi informasi yang dibeberkan operator terkait, H. Syamsul Arifin mengapresiasi presentasi apik yang telah dilaksanakan operator dihadapan seluruh undangan sehingga menambah khasanah informasi mengenai seluk beluk MAN IC dan MAN PK sebagai icon pendidikan madrasah dibawah naungan Kemenag khususnya Kemenag Sumbar.

BACA JUGA  Empat Srikandi Pimpin SMP di Gunung Talang

Selain itu, ia juga mengatakan dengan adanya ekspose tersebut bisa menjawab pertanyaan seputar cara, jadwal dan syarat apa saja yang harus dipersiapkan calon peserta didik baru yang berniat masuk ke MAN unggulan tersebut serta biaya apa saja dan beasiswa atau subsidi biaya apa saja yang diberikan kepada peserta didik.

Sebagai informasi, MAN IC dan MAN PK binaan Kemenag ini tidak hadir di seluruh pelosok nusantara. Untuk MAN IC hanya ada dua puluh tiga sekolah se Indonesia sedangkan MAN PK hanya ada sepuluh sekolah se Indonesia. Dan ke dua icon unggulan madrasah tersebut hadir di Sumatera Barat.

Sosialiasi penerimaan siswa baru madrasah unggul sumbar (MAN IC Padang Pariaman dan MANPK Padang Panjang) di aula Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sumbar. foto : Voni.

 

Sementara itu H. Syamsul Arifin berharap, para lulusan terbaik dari setiap MTs di Sumatera Barat dapat melanjutkan pendidikannya di kedua madrasah unggul ini.

“Diharapkan minimal sepuluh orang siswa masing-masing perwakilan atau siswa unggulan MTsN/MTsS sudah mendaftar/ikut serta berjuang masuk ke sekolah icon kita ini sehingga SDM yang masuk lebih variatif dan kompetitif. Jangan sampai anak-anak potensial kita tidak melirik sekolah unggulan yang bisa memaksimalkan potensinya kedepan,” tambahnya.

H. Syamsul Arifin juga menjadi reward bagi MTs yang siswanya paling banyak diterima. Red

Berita terkait dapat diakses di website Kemenag Sumbar

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDamkar Payakumbuh Amankan 9 ekor Ular
Artikel berikutnyaSMKN 1 Padang Panjang Lakukan Pembinaan Karakter