Dukung Kerjasama BLK dan Lapas Kelas 2 Lubuk Basung, Sekda Agam Berharap Croping WBP

Lubuk Basung, SuhaNews – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam, Drs. H. Edi Busti, M.Si dukung kerjasama Balai Latihan Kerja (BLK) dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Agam dalam rangka croping jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Agam.

“Ini langkah awal yang sangat baik. Dalam artian, pembinaan dan pemberian keterampilan yang kita lakukan itu tidak hanya untuk masyarakat umum. Namun juga kita berikan kepada warga binaan pemasyarakatan di Lapas,” ungkap Sekda Agam kepada Media usai meninjau lingkungan Lapas kelas II B Lubuk Basung, Rabu (7/2).

Baca Juga : Sekda Agam Edi Busti Pimpin Apel Gabungan ASN

Menurut, Edi Busti pembinaan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan output perubahan positif baik dari segi pengetahuan, keterampilan maupun kualitas hidup seseorang.

BLK agam

“Hal ini kita lakukan dalam mengedepankan hak azasi manusia. Sebab memberikan perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah,” jelasnya.

Selain itu, Sekda Agam menyebutkan, para WBP dapat berubah menjadi individu yang lebih baik jika memiliki keterampilan dan skill yang bermanfaat.

“Mereka mungkin tersesat karena tidak punya keahlian. Besok mereka tidak akan tersesat karena punya keahlian yang dapat digunakan dalam dunia kerja,” ucapnya.

Sekda.Agam mengatakan, kedepan pembinaan akan lebih bervariasi, ” tidak hanya pengelasan saja namun ada pelatihan keterampilan lain yang nantinya dapat berguna di pasaran. Contohnya, kewirausahaan melalui sistem digital,”tuturnya.

Pembinaan kewirausahaan melalui sistem digital itu sambungnya, dapat dilaksanakan dalam rangka Agam menjadi smart city.

“Tentu ini juga akan menjadi kemajuan yang memudahkan untuk mempromosikan dan menjual skill mereka di pasaran melalui digital. Keberadaan masyarakat binaan perlu menjadi perhatian agar nantinya mereka tidak kembali sebagai warga Lapas, ” katanya.

BACA JUGA  Covid-19 Kab Solok: Lima Warga Kubung Terkonfirmasi

Sekda.Agam berharap, kedepan pembinaan ini akan dilanjutkan sehingga dapat mengurangi jumlah warga binaan setiap tahun.

“Semoga,pembinaan yang kita laksanakan berdampak jangka panjang sehingga akan terjadi croping jumlah warga Lapas yang ada di Kabupaten Agam khususnya di Lapas kelas II B Lubuk Basung,” harapnya. Tori/AMC

Baca Juga :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -