Dukung Literasi, Kakanwil Kemenag Sumbar Kukuhkan Komunitas Penulis

Dukung Literasi, Kakanwil Kemenag Sumbar Kukuhkan Komunitas Penulis
Padang, SuhaNews. Setelah dikukuhkan sebagai Tokoh Penggerak Literasi Nasional yang diserahkan oleh Founder & CEO MediaGuru Mohammad Ihsan, atas jasanya menggerakkan aktivitas literasi guru-guru Madrasah di Sumatera Barat, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar mengukuhkan Komunitas Penulis Pegiat Literasi (KPPL) Sumbar.

Acara yang digelar di aula Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sumbar Selasa (10/11) ini dihadiri oleh pejabat dilingkup Kanwil Kemenag Sumbar serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten / Kota se Sumatera Barat. Dan para Guru Madrasah yang telah melahirkan ratusan karya berbagai judul.

Dalam sambutannya H. Hendri mengatakan bahwa literasi adalah salah satu upaya membawa manusia menuju kemajuan.

Menurut H. Hendri, bangsa yang maju peradaban itu karena banyak membaca, menulis, mengamati dan banyak melakukan apa yang ia tulis. Warisan intelektual yang tidak akan kita temukan di zaman prasejarah adalah tulisan. Dengan kata lain, apabila tidak ada tulisan sama saja kita berada di zaman prasejara karena tulisan merupakan bentuk rekaman sejarah yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

“Dalam sejarah peradaban islam saja, kita dapat melihat bagaimana tradisi literasi islam melahirkan tulisan-tulisan para pemikir dan ulama yang sudah berumur ratusan tahun yang mana sampai saat ini masih eksis dipelajari di berbagai lembaga pendidikan islam. Kitab-Kitab yang ditulis para ulama dan intelektual muslim era klasik merupakan sebuah warisan yang sangat berharga bagi pengembangan khazanah intelektual islam dari generasi ke generasi,” tambahnya.

“Oleh karena itu, aktivitas literasi adalah niscaya dan harus jadi kebiasaan, terutama bagi guru dalam merespon perkembangan zaman. Guru yang melek literasi akan melahirkan siswa yang mahir berliterasi. Ini harus dipupuk, dilatih dan terus diasah sejak dari madrasah,” tegasnya.

BACA JUGA  Elfi Sahlan, Mantan Wabup Solok Disemayamkan di UMMY Koto Baru

Selaku pelindung KPPL di Sumatera Barat, H. Hendri berharap Ketua dan pengurus KPPL Tingkat Provinsi yang baru saja dikukuhkan agar segera membentuk KPPL Tingkat Kab/Kota (yang belum) dan berkoordinasi dengan Kakan Kemenag Kab/Kota terkait sehingga lebih menggeliatkan produk-produk literasi di Ranah Minang tercinta. Ia juga berharap gerakan-gerakan inovasi serta capaian prestasi lainnya dari KPPL baik tingkat Kab/Kota maupun Provinsi.

Kakanwil juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pegiat literasi yang telah mengharumkan nama Sumatera Barat di Kancah Nasional dengan memperlihatkan Sumbar lebih maju literasinya. “Kami bangga dan bahagia karena telah berkontribusi mengharumkan nama Sumatera Barat di tingkat Nasional,” tuturnya.

“Saya tidak segan-segan memberikan reward kepada pihak-pihak yang mendukung literasi ini. Hari ini terbukti dengan diberikannya penghargaan kepada Kabag TU, Kabid Penmad dan Kasi-Kasi di Bidang Penmad serta Kakan Kemenag yang telah memberikan dukungan secara konkrit untuk KPPL,” ulasnya.

Usai memberikan sambutan dan arahan H, Hendri mengukuhkan pengurus  Komunitas Penulis Pegiat Literasi (KPPL) Sumbar yakni Agusrida (Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Padang) dipercaya menjadi Ketua KPPL Tingkat Provinsi, Dasrianti (Pengawas Muda PAI Kankemenag Kota Padang) dipercaya menjadi Wakil Ketua, Erina Erlis (Guru Madya MTsN 1 Kota Padang) dipercaya sebagai Sekretaris I, Ilget Nengsi (Guru Madya MAN 1 Tanah Datar) dipercaya sebagai Sekretaris II.

Adapun posisi Bendahara dijabat Dewi Istiqomah (Guru Madya MTsN 4 Kota Padang), Koordinator Akademik dijabat Desi Marnis (Guru Madya MAN 3 Payakumbuh), Koordinator Penelitian dan Pengembangan dijabat Supi Wardi (Guru Madya MAN Padangpanjang), Koordinator Humas dan Publikasi dijabat Irsyad (Kepala MAN 1 Bukittinggi), Koordinator Pengembangan dan Sumberdaya Manusia dijabat Elipiyetmi (Guru Pertama MAN 1 Tanah Datar), Koordinator Sosial Seni dan Budaya dijabat Zulfadliyah (Guru Madya PAI SMP 5 Bukittinggi), Koordinator Sarana dan Prasarana dijabat Nero Falita (Guru Madya MAN 1 Padangpanjang).

BACA JUGA  Walau Libur, MAN 1 Solok Tetap Jaga Lingkungan Dengan Disinfektan

Dalam sambutannya, Ketua terpilih, Agusrida menyatakan rasa terimakasihnya kepada seluruh unsur pimpinan yang ada di Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. “Terimakasih atas dukungan yang tak terhingga tidak hanya dari Kakanwil Kemenag Sumbar dan jajaran tetapi juga dari Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar yang memberikan motivasi tersendiri bagi kami dimana ditengah-tengah kesibukan beliau tetap bisa menelorkan karya berupa buku juga,” tukasnya.

Setelah mengukuhkan pengurus KPPL, Kakanwil juga melaunching beberapa buku karya pegiat literasi yang hadir saat itu. Dari 217 orang pegiat literasi yang hadir, didominasi oleh Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 76 orang pegiat literasi dan diikuti dari Kab/Kota yang lainnya.

reporter : VN  editor : Moentjak

Berita terkait dapat diakses di Website Kemenag Sumbar

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDari 74 Nagari di Kab. Solok Hanya Selayo dan Sei. Janiah Belum Miliki Perna Magrib Al Qur’an
Artikel berikutnyaClass Metting, MTsN 2 Solok Gelar Pameran Seni Karya Siswa Kelas IX