Duta Genre dan Duta Olahraga dari Universitas Pertamina Sebar Semangat dan Aksi Positif Untuk Lingkungan

Duta Genre dan Duta Olahraga dari Universitas Pertamina Sebar Semangat dan Aksi Positif Untuk Lingkungan
SuhaNews – Kembali mahasiswa Universitas Pertamina (UPER) menorehkan prestasi dengan terpilih sebagai Duta GenRe dan Duta Olahraga. Keduanya menyebarkan semangat dan aksi positif untuk lingkungan.

Firma konsultansi manajemen, Korn Ferry, melakukan survey pada Tahun 2019 yang mengungkapkan bahwa pekerja yang lahir antara tahun 1997-2010 (Generasi Z/Gen Z) membawa banyak optimisme ke tempat kerja. Pekerja dari kalangan Gen Z juga dianggap memiliki banyak tujuan dan lebih tahan terhadap tekanan atau stress di tempat kerja, dibandingkan dengan pekerja yang lahir antara tahun 1982-1996 (Generasi Milenial).

Dalam survey yang sama, dikatakan bahwa 60 persen responden percaya bahwa Gen Z lebih optimistis tentang masa depan dibandingkan dengan Generasi Milenial. Sementara itu, 53 persen responden percaya bahwa Gen Z akan membawa lebih banyak motivasi ke tempat kerja dibandingkan Generasi Milenial.

Adalah Gavra Arkananta dan Muhammad Fauzan Alghifari, dua mahasiswa Gen Z Universitas Pertamina (UPER) yang terus menebarkan semangat dan optimisme untuk lingkungan. Keduanya senantiasa mengukir prestasi dan menginspirasi rekan-rekan seusianya, agar terus mengaktualisasi diri di bidang yang diminati.

Gavra Arkananta merupakan satu dari 34 pasang Duta GenRe perwakikan provinsi yang terpilih sebagai Social Media Inspirator dan merupakan Top 7 Duta GenRe Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Indonesia Tahun 2022. Penghargaan tersebut diberikan kepada remaja atau figur teladan generasi muda yang berpartisipasi aktif dalam menciptakan generasi muda yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS.

“Saya mengusung program kerja BINA PIK (Pusat Informasi Konseling) agar nantinya PIK remaja yang ada dapat melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) mengenai pentingnya menjadi remaja yang berencana,” ucap mahasiswa yang tergabung dalam PIK Remaja Bangka tersebut, dalam wawancara daring, Kamis (15/09/2022).

BACA JUGA  Wawako Asrul Minta FKUB Tingkatkan Toleransi Beragama

Sebagai Duta GenRe Indonesia 2022, Gavra mengajak para Gen Z untuk turut serta dalam meningkatkan kepedulian terkait pencapaian poin Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 10, yakni berkurangnya kesenjangan. “Karena dengan membangun kesadaran pada remaja dan generasi muda untuk memiliki rencana, dapat mendorong terjadinya kesejahteraan yang berpotensi mengurangi kesenjangan di masyarakat,” imbuh mahasiswa Program Studi Teknik Mesin tersebut.

Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentunya dapat diwujudkan secara optimal dengan raga yang sehat. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale dan Oxford, menemukan bahwa orang yang lebih rutin berolahraga tingkat kesehatannya secara fisik dan mental meningkat sebesar 43 persen.

Muhammad Fauzan Alghifari, Mahasiswa Program Studi Teknik Logistik UPER, mengajak generasi muda untuk lebih sadar akan pentingnya rutin berolahraga. Kesehatan jasmani juga merupakan bagian dari SDGs poin 3 yakni mewujudkan kehidupan yang sehat dan sejahtera.

“Olahraga merupakan bagian dari peradaban. Banyak nilai yang bisa kita teladani dari olahraga mulai dari kedisiplinan, sportivitas, hingga kemanusiaan. Nilai-nilai ini, jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu akan meningkatkan optimisme, semangat, dan daya saing para Gen Z. Yang pastinya, secara langsung juga akan mendorong produktivitas,” tutur Fauzan.

Atlit petanque yang menyukai olahraga sejak kecil tersebut, juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan keolahragaan yang ada di kota asalnya, Balikpapan. Kegemarannya dalam berolahraga membawa Fauzan mengikuti seleksi Duta Olahraga Kota Balikpapan 2022. Dalam kompetisi yang diikuti oleh 40 peserta tersebut, Fauzan berhasil masuk putaran final 6 besar yang kemudian dianugerahi gelar ‘Persahabatan Putra Olahraga Balikpapan Tahun 2022’.

“Dengan amanah ini, saya ingin mengajak generasi muda untuk mengaktualisasi diri dan mengembangkan minat dan bakat, tidak hanya di bidang akademik tetapi juga di bidang nonakademik seperti olahraga. Karena saya yakin, setiap individu dilahirkan dengan bakat dan minat yang berbeda satu dengan lainnya. Dan masing-masing dari kita memiliki kesempatan mengembangkan bakat dan minat tersebut untuk dapat memberikan nilai manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA  Evaluasi Amirul Hajj, Menag Minta Persiapkan Haji 1444 H sejak Awal

Sebagai kampus untuk Gen Z, Universitas Pertamina (UPER) senantiasa memberikan dukungan untuk menunjang prestasi mahasiswa, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Selain memiliki 15 Program Studi yang kurikulumnya sudah sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, Universitas Pertamina juga memiliki 28 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa.

Bagi siswa/siwsi yang tertarik bergabung di Universitas Pertamina (UPER), bisa mempersiapkan diri untuk Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id

BErita Terkait :

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPocil Binaan Polres Sijunjung Raih Peringkat III dalam Lomba Pocil se-Sumbar
Artikulli tjetërKualifikasi Piala Asia U-20: Timnas Indonesia Lumat Hong Kong 5-1