Final Euro 2020: Italia Vs Inggris, Tiga Singa Ingin Mencatat Sejarah

italia
Inggris berharap raih gelar juara pertama euro
SuhaNews – Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Inggris bisa melangkah ke babak final Piala Eropa 2020. Selama ini, prestasi tertinggi Inggris di Euro baru sampai babak semifinal, kala menjadi tuan rumah pada 1996. 

Gareth Southgate berhasil mengantarkan Tim Tiga Singa ke babak final. Lawan Tiga Singa di final, yakni Italia, yang melaju dengan mulus.

Italia vs Inggris dijadwalkan berlangsung pada Senin (12/7) dinihari WIB. Stadion Wembley menjadi lokasi laga final Piala Eropa 2020.

Baca juga: Inggris Tekuk Denmark 2-1, Tiga Singa Hadapi Italia di Final Euro 2020

Inggris lolos ke partai pamungkas Euro 2020 usai menyingkirkan Denmark di babak semifinal, Kamis (8/7/2021) dinihari WIB. Harry Kane dkk menang 2-1 dalam laga yang berlangsung hingga babak tambahan tersebut.

Inggris kembali berharap tuah tuan rumah. Apalagi pertandingan akan digelar di stadion kebanggaan mereka, Wembley.

Ini menjadi keberhasilan Inggris melaju ke final Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Inggris sebelumnya paling jauh melangkah ke semifinal pada Euro 1996,

Southgate menjadi kambing hitam kegagalan Inggris merengkuh trofi juara Euro 1996. Dia gagal menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti, sehingga Inggris harus kalah dari Jerman di babak empat besar.

Penebusan pria 50 tahun itu bakal semakin lengkap apabila mampu membawa pulang trofi Henri Delauney ke Inggris. Untuk mencapai itu, Southgate dan anak-anak asuhnya mesti menghadapi lawan terakhir mereka di final, Italia.

Italia melaju ke final dengan rekor tak terkalahkan sejak fase grup. Jawara Euro 1968 itu sukses mendepak tim-tim tangguh seperti Belgia dan Spanyol pada babak gugur.

BACA JUGA  Menunggu Kepastian MotoGP di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara
italia
gareth-southgate sukses membawa Inggris ke final

Southgate angkat bicara mengenai Italia yang bakal menjadi calon lawan Inggris di final. Dia mengakui Azzurri tampil gemilang sejak diasuh Roberto Mancini dan diperkuat skuad mumpuni.

“Italia? Mereka telah menunjukkan nilai yang luar biasa selama dua tahun ini. Mereka memiliki bek-bek seperti petarung sejati dan seluruh penggawanya sangat kuat,” kata Gareth Southgate, dilansir dari La Gazzetta dello Sport.

“Ini akan menjadi pertandingan epik lainnya. Namun, kami ingin menulis sejarah kami sendiri,” tutupnya.

Sumber: detik.com

Baca juga: Tekuk Spanyol 4-2 Lewat Adu Penalti, Italia ke Final Euro 2020

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaCovid-19 Kab Solok Membludak, 26 Warga Terkonfirmasi, Total Sudah 2001 Orang
Artikel berikutnyaTim Gabungan Polres Solok Gelar Operasio Yustisi