Forum Anak Kabupaten Agam Berbagi Senyum dengan Anak Panti Asuhan

kabupaten
Tanjung Mutiara, SuhaNews – Forum Anak Kabupaten Agam berbagi senyum dengan puluhan anak Panti Asuhan Aisyiyah Tanjung Mutiara di Pasia Tiku, Minggu (20/6).

Kegiatan ini diisi dengan berbagai permainan ramah anak. Hal ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional tahun 2021.

“Seluruh nagari di Agam diharapkan mempunyai forum anak untuk mendorong terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan anak,” ujar Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam, Desi Nofia.

Baca juga: Forum Anak Kabupaten Agam Gelar Lamang Tapai

Sekarang, jelas Desi, baru 10 nagari yang telah memiliki forum anak di Kabupaten Agam. Diantaranya, Nagari Sungaipua, Sariak, Manggopoh, Guguak Tabek Sarojo, Paritpanjang, Malalak Selatan dan nagari terakhir yang membentuk forum yakni Canduang Koto Laweh.

“Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PP dan PA) Kabupaten Agam mendorong tiap nagari membentuk forum anak,” jelas Desi.

Forum anak diperlukan agar nagari memiliki wadah penyaluran aspirasi anak untuk pembangunan Kabupaten Agam yang layak anak.

Keberadaan forum anak nagari, jelas Desi sebagaimana dirilis dari AMCnews.co.id, bisa jadi wadah penyaluran aspirasi bagi anak.

“Pemerintah akan lebih aktif melibatkan mereka dalam program pengambilan kebijakan seperti di musrenbang,” tambah Desi.

kabupaten
kegiatan forum anak Kabupaten Agam

Mereka yang bisa bergabung dalam forum anak ini, jelas Desi NOfia, adalah semua kategori anak, mulai dari pelajar, remaja masjid, karang taruna bahkan anak jalanan.

“Kabupaten Agam merupakan daerah layak anak kategori pratama dan tahun ini menargetkan predikat madya,” tambah Desi Nofia.

JKeberadaan forum anak yang aktif di tiap nagari menjadi salah satu kriteria penilaian dan kami harapkan seluruh nagari punya forum anak.

BACA JUGA  Pemko Padang Panjang Segera Masukkan UMKM ke e-Katalog

“Jadikan aspirasi, pandangan, harapan dan kebutuhan anak sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah yang akan kita lakukan,” tuturnya. (*/We)

Baca juga: DisDalduk KB PP-PA Agam Akan Menggelar Capacity Building bagi Forum Anak

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaCovid-19 Kabupaten Solok: 23 Warga Sembuh, 8 Terkonfirmasi
Artikel berikutnya230 Siswa Baru MAN 1 Solok Plus Keterampilan Ikuti Test Psikologi