Gebu SMANDURA, Langkah Alternatif Memajukan Program Sekolah

Gebu SMANDURA, Langkah Alternatif Memajukan Program Sekolah

Oleh: Ardelis, Kepala Sekolah SMAN 2 Rambatan, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menjelaskan bahwa fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional dituangkan di dalam pasal 3 yang mengatakan bahwa: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”
Gebu SMANDURA, Langkah Alternatif Memajukan Program Sekolah 1
ARDELIS Kepala Sekolah SMAN 2 Rambatan, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat

Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut tidak terlepas dari tercukupinya sarana dan prasarana sekolah, tetapi fakta dilapangan masih banyak sekolah-sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana belajar yang cukup, serta adanya ketimpangan antara fasilitas sekolah yang berada di daerah perkotaan yang mayoritas cukup lengkap dengan fasilitas sekolah yang berada di daerah yang pada umumnya masih minim. Hal ini juga terjadi di SMA Negeri 2 Rambatan yang merupakan sekolah di kecamatan Rambatan yang pada hari ini berusaha untuk melengkapi fasilitas yang belum ada, agar Guru dan peserta didik di sekolah merasa nyaman untuk belajar dan mengajar.

SMAN 2 Rambatan adalah salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, yang jumlah peserta didiknya lebih kurang 204 orang. Fasilitas SMA Negeri 2 Rambatan belum dilengkapi dengan berbagai fasilitas belajar seperti ruang seni, pos satpam, pagar yang belum mumpuni, mushalla yang belum memadai, ruang BK yang masih banyak kekurangan, ruang TIK, parkiran yang kurang memadai serta angkutan perdesaan tidak sampai ke sekolah. Jumlah Peserta didik yang banyak dan fasilitas sekolah yang terbatas ini tentu akan mempengaruhi proses belajar mengajar.

BACA JUGA  Zul Elfian Umar Terima KAHMI Award 2021 Kategori Pejabat Eksekutif

Berdasarkan hal ini SMA Negeri 2 Rambatan berupaya untuk melengkapi fasilitas sekolah dengan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Anggota Dewan, Masyarakat melalui komite sekolah, akan tetapi masih banyak kendala, maka dalam hal ini kepala sekolah mengambil kebijakan bersama warga sekolah membuat sebuat inovasi yakni GEBU SMANDURA (Gerakan Seribu SMA Negeri 2 Rambatan)

GEBU SMANDURA adalah program sedekah dan infak siswa dan Guru yang dikumpulkan tiap hari jumat yang hasilnya untuk memenuhi fasilitas sekolah yang belum ada yang tidak bisa didanai dari dana Bos dan Komite sekolah. GEBU SMANDURA merupakan nama dari penggalangan dana untuk meningkatkan dan menambah sarana dan prasarana sekolah yang belum ada yang tidak dapat di danai dari dana BOS, Komite sekolah, Hibah dan Alumni.

GEBU SMANDURA ini mempunyai stuktur pengelolaan yang lengkap yang dilengkapi dengan buku pencatatan, buku kas dan laporan penggunaan dana kepada siswa, guru dan orangtua/ masyarakat, GEBU SMANDURA juga terbuka untuk guru, wali kelas dan orang tua siswa. GEBU SMANDURA diperuntukkan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, asri dan menyenangkan bagi warga sekolah.

Tulisan Lainnya :

 

 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -