Gelar Operasi Yustisi di Tanjung Raya, 30 Pelanggar Diberi Sanksi

operasi
Tanjung Raya, SuhaNews – Kasus Covid-19 terua bertambah, Satuan Tugas Covid-19 kabupaten Agam lakukan operasi yustisi untuk menegakkan aturan protokol kesehatan (prokes). Warga yang melakukan pelanggaran diberikan sanksi.  

Selasa (8/6) Tim Satgas melakukan operasi yustisi di wilayah Kecamatan Tanjung Raya. Petugas menermukan 30 orang melanggar protokol kesehatan.

“Operasi yustisi ini dilaksanakan sesuai Perda Sumbar nomor 6 tahun 2020, tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19,” jelas Kasi Penegak Hukum Dinas Satpol PP dan Dmkar Agam, Ali Akbar.

Baca juga: 2 Hari Operasi Yustisi, Terkumpul Denda Prokes 2,2 Juta

Mereka  yang melanggar prokes, terutama tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, jelasnya, diberi sanksi.

“Sesuai dengan ddata di aplikasi Sipelada, mereka yang tertangkap,  belum ada yang terjaring sebelumnya, sehingga sanksi diberikan berupa sanksi sosial. Namun, apabila sudah pernah terjaring, maka mereka bisa dijatuhkan sanksi lebih berat,” jelas Ali Akbar.

Dua orang di diantara warga yang melakukan pelanggaran,  memilih membayar denda. Setiap pelanggar, datanya diinput ke aplikasi Sipelada yang disediakan khusus untuk pelanggar protokol kesehatan.

“Dari aplikasi itu, dapat diketahui siapa saja yang melanggar protokol kesehatan<” tambah Ali Akbar sebagaimana dirilis AMCNews.

Data itu, jelasnya, berlaku untuk daerah lain. Jika pelanggar sebelumnya ditemukan melanggar di luar Agam, maka otomatis mereka dijatuhkan sanksi lebih berat seperti denda atau kurungan. (*/We)

Baca juga: Agam Zona Merah Covid-19, Razia Yustisi di Lokasi Keramaian akan Digencarkan

Facebook Comments

BACA JUGA  Kemenparekraf Boyong Influencer Promosikan Padang Panjang
loading...