Gubernur Sumbar Mahyeldi Terima 8 Siswa Sespimti

gubernur
Padang, SuhaNews – Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menerima delapan calon Jenderal yang yang sedang mengikuti Praktik Kerja Dalam Negeri (PKDN) Sespimti di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (25/7/2022) di Istana Kompleks Gubernuran Sumbar. 

PKDN Sespimti mengusung tema “Strategi Polri Menjaga Stabilitas Kamtibmas Dalam Rangka Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Baca juga: Cerita Alumni Universitas Pertamina: Raih Beasiswa Hingga Kerja di Perusahaan Ternama

Kedelapan siswa Sespimti didampingi Brigjen Pol. DR. Zulkifli, S.IK, MH dan KBP Burhanudin, SIK.MH. Sementara Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Devi Kurnia, Kepala BPSDM Jefrinal Arifin dan Ka.Biro Adpim Maifrizon.

Kehadiran delapan Siswa Sempimpti yang terdiri atas lima dari Polri dan 3 dari TNI tersebut menurut Brigjen Pol. DR. Zulkifli dalam rangka melakukan pengamatan dan kunjungan langsung agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang suatu daerah, kendala dan solusi, khususnya dalam melaksanakan perbaikan perekonomian dan pelayanan pada masyarakat.

Gubernur Mahyeldi dalam pemaparannya menjelaskan cukup panjang lebar tentang Sumbar dan adat dan budaya Minangkabau yang berfalsafahkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullaah (ABS-SBK).

Gubernu juga mennjelaskan banyaknya tokoh pendiri bangsa dan pahlawan nasional asal Minangkabau yang berperan penting dalam perjuangan pra kemerdekaan dan disaat negara dalam keadaan genting.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah terutama melalui sektor pariwisata dan pertanian.

“Upaya pemulihan tidak terlepas dari kontribusi besar dari Forkopimda Sumbar khususnya TNI dan Polri. Saya mengapresiasi Forkopimda yang pada saat pandemi Covid-9 lalu banyak memberikan bantuan sehingga bisa menekan kasus sekaligus meningkatkan capaian vaksinasi,” ujar gubernur.

Dalam sesi diskusi, siswa Sespimti menanyakan tentang berbagai hal, diantaranya mengenai perkembangan kearifan lokal Ranah Minang ditengah modernisasi serta tanah ulayat yang dinilai menghambat investasi di Sumbar.

BACA JUGA  Sudah 11 Kafilah Sumbar Tampil pada Babak Penyisihan STQH Nasional di Maluku

Usai diskusi, perwakilan siswa Sespimti memberikan cendramata kepada gubernur dan pertemuan dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Delapan calon Jendral tersebut 5 diantaranya dari Kepolisian yakni KBP Rifki, SH, SIK, KBP Ahmad Sulaiman, SIK,MH, KBP Sonny Mahar Budi, SIK, MH,dan KBP Heru Budi Prasetyo,SIK, sedangkan dari TNI 3 orang yakni Kol. PNB Sukarno, Kol.Inf. Eko Pasca Herisuci N dan Kol. Laut (P) Rahadian Rahmadi, SE, M.Tr. Hania. (doa/MMC)

Baca juga: IPDN Lakukan Kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKementerian Dukung Hilirisasi Produk Kelautan dan Perikanan Sumbar
Artikulli tjetërPemko Sawahlunto Serahkan Bantuan Perbaikan Rumah