Guru Kelas XII MAN 2 Bukittinggi Adakan Merakit Soal Ujian

Guru Kelas XII MAN 2 Bukittinggi Adakan Merakit Soal Ujian
Bukittinggi, SuhaNews – Rabu (25/1) Guru Mata Pelajaran Kelas XII MAN 2 Bukittinggi melaksanakan kegiatan merakit soal Ujian Madrasah. Sebagai wujud bentuk kompetensi pedagogik pada guru salah satunya adalah melaksanakan evaluasi belajar. Oleh karena itu untuk mengukur daya serap belajar siswa dalam jangka waktu tertentu guru harus menentukan bentuk soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Pada siswa kelas XII salah satu bentuk evaluasi pembelajaran adalah pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) pada semester enam.

Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi Deswita menyampaikan pesan pada acara pembukaan perakitan soal UM di ruang serbaguna MAN 2 Bukittinggi ” Sebagai guru profesional kita harus mampu membuat soal berorentasi HOTS ( Higher Order Thinking Skills). Melalui soal yang bermutu tersebut kita bisa mencapai hasil belajar optimal,sehingga akan tercipta lulusan yang kreatif,inovatif dan mampu memecahkan masalah,” ujarnya

Hal ini juga sesuai dengan tuntutan pembelajaran era revolusi 4.0. Melalui sola HOTS siswa terlatih untuk berpikir kritis sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan di era digital ini. Apalagi sesudah UM ini siswa akan menghadapi UTBK ( ujian tulis berbasis komputer) untuk masuk perguruan tinggi. Jika guru sudah membiasakan siswa dengan soal HOTS,tentu siswa akan terlatih untuk mengerjakan soal – soal level tinggi,sehingga mereka tidak kesulitan saat mengerjakan soal UTBK.

Selanjutnya Deswita menyampaikan, semua guru mapel kelas XII harus menyelesaikan soal sepaket dengan kisi-kisi dalam waktu dua hari ini yaitu dari tanggal 25 hingga 26 Januari 2022. Mengenai bentuk ujian madrasah ini apakah offline atau online nanti kita menyesuaikan dengan keadaan kedepannya. Kami meyakini guru mampu menciptakan soal bermutu,mengingat MAN 2 Bukittinggi sudah sering memfasilitasi guru dalam pelatihan soal HOTS dan beberapa guru juga sudah pernah ikut pelatihan merakit soal HOTS di BDK Jakarta”. Papar kepala madrasah lulusan UNAND ini.

BACA JUGA  Warga Siberut Selatan Geluti Usaha Sarang Burung Walet

Sementara guru kelas XII merakit soal, semua siswa kelas XII mengikuti Try Out UTBK di labor TIK kerjasama dengan Prima Smart. Pelaksanaan TO UTBK ini selama 2 hari ini. Yuli/Yal

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakCerdas Al Qur’an, Siswa Yang Ikut di Tanah Datar Tertinggi
Artikulli tjetërBerlomba di Tingkat Provinsi, Dasawisma Lili Paris Dibina TP-PKK