Guru SMP Lembang Jaya dan Tigo Lurah Gelar Lokakarya

Guru SMP Lembang Jaya dan Tigo Lurah Gelar Lokakarya
Solok, SuhaNews. Majelis guru SMPN yang berada di kecamatan Lembang jaya bersama majelis guru yang berada di kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok melaksanakan lokakarya pada Sabtu (05/06/21) di SMPN 4 Lembang Jaya.

“Ada 6 sekolah yang ikut dalam lokakarya gabungan tersebut yakni SMPN 1,3,4,5 dan 6 Lembang Jaya, ditambah SMPN 3 Tigo lurah”,kata kepala SMPN 4 Lembang Jaya, Riswandi,S.Pd

Kegiatan tersebut jelas Riswandi merupakan salah satu upaya majelis guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran di era newnormal pada tahun ajaran 2021/2022 nanti”,jelasnya

“Apalagi Dinas Pendidikan pemuda dan olah raga kab. Solok telah mengeluarkan Kalender pendidikan untuk satu tahun kedepan dalam rangka menyambut tahun ajaran baru nanti, dan itu akan disesuaikan dengan kalender pendidikan disekolah”,ulasnya.

Mudah mudahan majelis guru yang telah melaksanakan loka karya nanti dapat menyesuaikan perangkat pembelajaran di era newnormal berdasarkan silabus yang telah di keluarkan Kemendikbud, termasuk alokasi waktunya”,pungkas Riswandi kepada Suhanews.

Habibullah,S.Pd.MM yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan bagaimana cara menyusun perangkat baik silabus,program semester, program tahunan serta RPP efektif dan efisien dengan menayangkan slide dan mempresentasikan dihadapan guru mata pelajaran

Habibullah menekankan kepada guru mata pelajaran yang hadir Saat ini bahwa kita harus berusaha sekuat tenaga untuk menghadapi tahun ajaran baru 2021/2022. Ubah prinsip yang selama ini digunakan untuk mendidik yaitu mencerdaskan anak bangsa, ganti dengan mengembangkan potensi anak didik menjadi manusia yang bertaqwa sehingga bisa melahirkan anak didik yang berguna dan sukses di masa depannya.

Ia berharap lokakarya ini dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan buku guru dan buku siswa, menyusun perangkat pembelajaran (RPP) dengan muatan ketrampilan abad 21 (critical thinking, creativity, communication, collaboration / 4C) dan mengelola pembelajaran serta memantapkan guru sasaran menyelesaikan hambatan-hambatan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian di sekolah”,tutupnya.

BACA JUGA  Dinas Dikpora Kab Solok Gelar FLS2N Daring antar SMP

Diakhir sesi majelis guru dibagi kedalam beberapa kelompok untuk menyusun silabus dan RPP minimal untuk 2 Kompetisi Dasar yang akan dipresentasikan secara bersama, sisanya akan dilanjutkan di sekolah masing masing untuk PBM di tahun ajaran baru.

reporter : Dedi editor : MOentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...