Hujan Tiada Henti, Batang Lembang Mulai Meluap Selasa Dini Hari

Hujan Tiada Henti, Batang Lembang Mulai Meluap Selasa Dini Hari
Kondisi di jorong Gelanggang Tangah nagari Salayo kec. Kubung, Selasa (12/1) dini hari. foto : Mora Rajo Kando
Solok, SuhaNews. Hujan yang turun tiada henti di sekitar daerah Kabupaten dan Kota Solok sejak Senin sore hingga Selasa (12/1) dini hari membuat sungai Batang Lembang mulai meluap.
Selain sungai Batang Lembang, sungai Batang Sumani yang melintasi daerah Koto Baru juga mulai meluap. Seperti yang dilaporkan oleh warga jorong Simpang Koto Baru khususnya daerah Kampung Tarandam / Lapangan Raya Koto Baru.

“Air mulai memasuki jalan di Kampuang Tarandam sejak pukul setengah satu yang lalu, dan sepertinya hingga kini terus bertambah,” ujar Fitri (35) saat dihubungi SuhaNews.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Hamdan, warga jorong Koto Panjang nagari Muaro Paneh, serta Rosi warga jorong Balai Pinang.

Keduanya mengunggah di facebook masing-masing tentang kondisi Batang Lembang yang mulai meluap di nagari Muaro Paneh, sembari menyebut warga yang tinggal di kedua jorong ini khususnya sepanjang aliran Batang Lembang mulai siaga.

Sementara itu, di jorong Gelanggang Tangah nagari Selayo kecamatan Kubung, air juga mulai memasuki pemukiman.

Jorong ini termasuk rawan banjir, karena menjadi pertemuan aliran batang Lembang dan Batang Sumani, tepatnya di Badenah Salayo.

Kepala Jorong Gelanggang Tangah nagari Salayo Mora Rajo Kando menyampaikan kepada SuhaNews, bahwa batang Lembang mulai meluap sejak sekitar satu jam yang lalu. Diduga ini akibat hujan yang tidak kunjung berhenti sejak sore.

Ia mengatakan, bersama pemuda dan masyarakat telah mulai siaga terhadap kemungkinan air terus bertambah.

“Air sepertinya masih terus bertambah, karena daerah Selayo sekitarnya masih hujan sejak sore. Kondisi ini telah dilaporkan melalui grup WA siaga Kab. Solok yang didalam ada personil dari berbagai instansi terkait,” terang Mora Rajo Kando kepada SuhaNews. Moentjak

BACA JUGA  Potensi Kota Solok Dalam Percaturan Industri Pariwisata

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...