IKSB Bulan Sariak Jambak Ulu, Sungai Jambu Himpun Zakat dan Infak

469
iks
Tanah Datar, SuhaNews – Ikatan Keluarga Sitampang Baniah (IKSB), Jorong Bulan Sariak Jambak Ulu, Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar himpun zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah untuk diberikan kepada sanak saudara di kampung, yang berhak menerimanya.

“Kita mengumpulkan dana tersebut untuk diberikan di kampung menjelang Idul Fitri,” jelas Lastrawati, M.Pd., anggota IKSB.

IKSB ini, jelas Lastrawati, termasuk organisasi sosial. Selain menghimpun zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah, organisasi ini juga sering melakukan kegiatan badoncek (sumbangan spontan) kalau ada kematian atau musibah. Selain itu juga ada kegiatan simpan panjam tanpa bunga.

“IKSB sudah menyepakati penerima zakat mal yang terkumpul melalui IKSB ini,” tambah Lastrawati.

Zakat, jelasnya, akan diberikan kepada orang tua jompo yang tidak punya penghasilan dan tidak ada anak atau keluarga yang membantu, perantau masih bayar kontrak rumah tiap bulan / tahun , perantau yang kKesulitan untuk memenuhi kebutuhan untuk makan sehari-hari, perantau yang Penghasilan tiap hari tidak mencukupi untuk biaya hidup (bayar kontrak,  listik,  Kalau ada pinjaman dll. prantau yang tidak memiliki kendaraan sendiri, motor atau mobil, serta guru-guru honor.

“Khusus bantuan untuk anak yatim diberikan seminggu menjelang lebaran,” jelas Lastrawati.

Sementara anak piatu karena juga tergolong fakir miskin dan masuk hasnaf yang delapan akan mendapatkan dana menjelang lebaran ini.

“Zakat fitrah dan fidyah yang terkumpul akan disalurkan 1 atau 2 hari sebelum lebaran kepada yang berhak menerima,” jelas Lastrawati.

IKSB, jelas Lastrawati masih menghimpun dana zakat fitrah hingga Rabu (20/5) besok. Sementara zakat mal direncanakan akan diserahkan pada akhir bulan Syawal nanti.

“IKSB setiap wilayah juga mendata mustahik yang akan mendapatkan bantuan ini,” jelas Lastrawati.

Berbagai kesepakatan dalam menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah yang terkumpul, jelas Lastrawati, merupakan keputusan rapat yang dilakuka  di Mesjid Islahunnas. Rapat ini dihadiri wali jorong, pengurus mesjid, amil zakat yang melakukan pendataan mustahik, dan Ninik mamak.

iks“Pengurus amil  zakat Satampang Baniah ditambahkan unsur penasehat dari ninik mamak dan khatib adat Jorong Bulan Sariak Jambak Ulu,” tambah Lastrawati.

Hingga Selasa (19/5) ini, jelas Lastrawati sudah masuk dana sekitar Rp25 juta dari zakat fitrah, mal, infak dan sedekah. IKSB masih menunggu hingga Rabu (20/5) ini, terutama zakat fitrah. Sebab zakat fitrah ini akan disaluarkan sehari atau dua hari menjelang Idul Fitri.

“Kita masih menunggu kiriman melalui rekening BRI 0169-01-029930-50-7 atas nama H. Majuarni,” tutup Lastrawati.

Reporter: Andra Datuak      Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...