Jamaah Haji Tanah Datar Disambut Resmi Bupati Eka Putra

Jamaah Haji Tanah Datar Disambut Resmi Bupati Eka Putra
SuhaNews –  Setelah kembali ke tanah air usai melaksanakan rukun Islam kelima  di tanah suci, pada tanggal 17 Juli kemarin, jamaah haji kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 110 orang, Minggu (24/7) disambut secara resmi oleh pemerintah di Gazebo Indojolito.

Hadir dalam acara penyambutan dan syukuran haji tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Forkompimda Tanah Datar, Kepala Kantor Kemenag H. Syahrul, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Asisten, Kepala OPD, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) cabang Tanah Datar dan undangan lainnya.

Namun dalam penyambutan jamaah haji di Tanah Datar ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya penyambutan langsung dilakukan disaat jamaah tiba di Tanah Datar, namun kali ini dilaksanakan 1 minggu setelah sampai di kampung halaman.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menjelaskan, bahwa penyambutan pada hari ini telah didiskusikan dan disepakati bersama dengan pihak Kemenag Tanah Datar selaku Leadding sektor pelaksana ibadah haji kabupaten Tanah Datar.

“Jamaah haji setelah kurang lebih satu bulan menjalankan ibadah kalau pulang itu yang paling dirindukan itu adalah keluarganya, untuk itu kami menyepakati untuk melakukan penyambutan secara khusus hari ini, bukan waktu pas kepulangan. Artinya, kami memberikan waktu untuk para jamaah melepaskan rindunya dulu dengan keluarga,” terang Eka Putra.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam memberikan pelayanan dalam pelaksanaan haji tahun ini ada yang kurang pas.

“Walau kami sudah melakukannya dengan maksimal, namun sudah pasti ada kekurangan yang terjadi. Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar kami mohon ini dimaafkan,” sampainya.

Lebih jauh disampaikan Eka Putra, bahwa pertemuan kali ini membawa kebahagiaan tersendiri baginya selaku kepala daerah. “Hari ini Saya merasa sangat bangga dan senang, karena melihat bapak dan ibu dalam keadaan sehat wal alfiat setelah pulang dari tanah suci Makkah, ini patut kita syukuri,” ujarnya.

BACA JUGA  Hasil Ramah Tamah: Padang Panjang Bangun Monumen Al Qur'an di Islamic Center

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra mengharapkan para jamaah haji Tanah Datar mampu menjadi teladan dalam rangka membangun insan yang bertaqwa kepada Allah SWT dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Dilain pihak Kepala Kemenag Tanah Datar H. Syahrul menyampaikan untuk keberangkatan jamaah haji kabupaten Tanah Datar pada tahun 1443 H/2022 M kali ini persiapannya sangat singkat.

“Kita diberi waktu sekitar 3 bulan untuk melakukan semua persiapan, alhamdulillah semuanya mulai dari proses persiapan, keberangkatan dan pemulangan semuanya berjalan lancar. Untuk itu, ini patut kita syukuri dan nikmati bersama,” ujarnya.

H. Syahrul juga berharap agar para jamaah yang baru pulang dari tanah suci Makkah mau mengajak keluarga dan tetangganya bersama-sama melakukan amal makruf nahi mungkar dengan melakukan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya dilingkungan tinggal masing-masing.

Sementara sebelumnya salah satu perwakilan jamaah Arif ZM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar beserta seluruh jajarannya yang telah memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji kabupaten Tanah Datar tahun ini dengan baik.

“Kami ucapkan terima kasih atas pelayanan pemerintah mulai dari awal sampai proses kepulangan kami. Tentunya ini perjuangan yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Pemda Tanah Datar, sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” ujar Arif mewakili jamaah lainnya.

Dia juga sampaikan bahwa pada pelaksanaan haji kali ini sangat luar biasa, sebab mulai dari awal sampai akhir proses pemulangan tidak ada kesulitan yang diterima oleh jamaah dari Kabupaten Tanah Datar. Rel

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakUstadz Syam “Trans TV” akan Isi Tabligh Akbar USR Unbrah di Islamic Centre
Artikulli tjetërWako Genius Umar Hadiri Pengukuhan Pengurus PKDP Kota Cilegon