Jambore PKH, Walikota Bukittinggi SerahkanBantuan

Bukittinggi, SuhaNews–Lebih dari 1000 warga masyarakat Kota Bukittinggi menerima bantuan sosial pada Jambore Keluarga Harapan (PKH). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi pada Selasa (17/12) di Rumah Dinas Walikota Bukittinggi.

Bantuan sosial dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Bukittinggi itu menurut Kadis Sosial Ellia Makmur, antara lain Bantuan Pangan sebanyak 20 kg beras dan 15 butir telur bagi 500 KK, bantuan perlengkapan sekolah berupa tas sekolah bagi 604 siswa SLTP dan buku tulis bagi 866 siswa SD, bantuan Kursi Roda bagi 28 orang penyandang disabilitas dan bantuan Family Support bagi 57 orang lanjut usia potensial sebesar 3 juta rupiah.

Maksud dan tujuan Jambore PKH hari ini menurut Ellia Makmur adalah untuk memberikan reward bagi keluarga yang telah keluar sebagai penerima PKH secara mandiri atau disebut Graduasi Mandiri, ajang silaturahmi pengurus forum lanjut usia kelurahan se Kota Bukittinggi, penyerahan secara simbolis bantuan program penanganan kemiskinan bersumber dari dana APBD Kota Bukittinggi dan penyerahan secara simbolis bantuan Family Support bagi Lanjut Usia Potensial dari dana APBN.

Pemko Bukittinggi memberikan perhatian yang lebih pada penanganan kemiskinan melalui berbagai program perlindungan dan jaminan sosial maupun pemberdayaan sosial. Selain itu dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan potensi lanjut usia diperlukan wadah silatirahmi lansia.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, Pemko Bukittinggi berusaha memperhatikan bagaimana kehidupan sosial di Bukittinggi. Sehingga tidak lagi berada di bawah garis kemiskinan, walaupun tidak habis tapi paling tidak turun.

Ramlan bersyukur sudah ada keluarga yang dengan kesadaran sendiri tidak mau lagi menerima bantuan karena sudah keluar dari garis kemiskinan. Terkait indikator kemiskinan secara nasional jika dipakai di Kota Bukittinggi tidak bisa diterapkan. Karena perbedaan kondisi daerah dan kultur masyarakatnya. Pemko Bukittinggi mempunyai kebijakan sendiri untuk menentukan bagi warga masyarakat yang tepat untuk dibantu.

Saat ini cukup banyak bantuan yang dinikmati oleh warga msyarakat Bukittinggi, termasuk dari Baznas, dana CSR BUMN dan BUMD.

Ramlan mengharapkan bantuan yang disalurkan harus sesuai dengan ketentuan. Termasuk bantuan beasiswa kepada siswa kita.

Ramlan pun mengharapkan bantuan dapat manfaatkan sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Manfaatkan sebaik baiknya. Sehingga meringankan beban hidup dan beban orang tua. Ramlan juga berpesan untuk jaga kebersihan lingkungan, jaga kerapian lingkungan sehingga kita bisa hidup sehat sejahtera dan bahagia.

Reporter : Yal editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...