Kabupaten Sijunjung Raih Juara Lomba Forikan Tingkat Sumbar Tahun 2022

Sijunjung, SuhaNews – Kabupaten Sijunjung meraih Juara II pada lomba program Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

“Terima kasih kepada Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung beserta Forikan Kecamatan sampai nagari yang telah bekerja keras sehingga  berhasil meraih juara II,” ujar Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Rabu (28/9).

Baca juga: Tim Penilaian Lomba Forikan Sumbar Nilai Forikan Kabupaten Solok

Lomba Fortian ini, jelas Ny. Riri Benny Dwifa, digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar di Padang, Selasa, 27 September 2022.

“Alhamdulillah Forikan Kabupaten Sijunjung berhasil meraih juara II pada Lomba Program Forikan Tingkat Sumbar. Ini tidak terlepas dari kerja keras pengurus Forikan Kabupaten, Forikan kecamatan sampai forikan nagari,” tambah Ny. Riri Benny Dwifa.

Ny. Riri Benny Dwifa mengatakab bahwa pemerintah Kabupaten Sijunjung selalu memperhatikan masalah ketahanan pangan, serta pemenuhan gizi masyarakat terutama dari segi protein hewani salah satunya adalah ikan.

“Salah satu kunci rahasia sukses adalah dengan memakan ikan. Ikan adalah salah satu sumber protein yang lebih murah dan mudah didapatkan oleh masyarakat”, ujar Ny. Riri Benny Dwifa.

Dengan segenap keunggulannya, tambah Ny. Riri Benny Dwifa, ikan haruslah bisa menjadi hidangan yang prioritas karena mencerdaskan, sehat dan kuat terutama bagi ibu hamil, balita, dan untuk anak PAUD dan TK serta bisa mencegah stunting.

“Banyak makan ikan tidak akan beresiko bagi kesehatan, selain itu ikan juga bisa diolah menjadi produk kekinian yang praktis dan murah, seperti sosis ikan, nugget ikan, bakso ikan, abaon ikan serta diversifikasi produk olahan berbahan ikan,” urai Ny. Riri Benny Dwifa.

BACA JUGA  Tim Forikan Bukittinggi Raih Juara Satu pada 5 Kategori Berbeda

Hadiah diserahkan oleh Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi di Kantor Gubernur Sumbar pada Selasa (27/9/22).

“Raihan juara II ini adalah bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam memperhatikan masalah ketahanan pangan,” ujar Kadis Pangan dan Perikanan, Adri S. PT didampingi Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Perikanan, Firdaus.

Dengan diraihnya juara II ini, tambah Adri, diharapkan dapat  meningkatkan motivasi masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan ini, semoga tahun depan bisa meraih juara I,” ujar Kadis, Adri. (nov/And/Wewe)

Baca juga: Kabupaten Agam Daerah Pertama Dinilai Tim Lomba Forikan Sumbar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -