Kakan Kemenag Sampaikan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan di SMPN 1 Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews – Dalam rangka mewujudkan moderasi beragama dan menanamkan rasa nasionalisme di SMPN 1 Bukittinggi, Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didaulat menjadi pembina Upacara Bendera, Senin (26/02).

Pada kesempatan tersebut H. Eri Iswandi mengajak para siswa/i SMPN 1 Bukitttinggi untuk cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme serta berkomitmen pada 4 pilar kebangsaan (Pancasila, Bhinika Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945) yang sudah menjadi Komitmen para pendahulu.

Selanjutnya Kakan Kemenag ini menyampaikan terkait pentingnya moderasi beragama yang merupakan cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berlandaskan prinsip adil, berimbang dan mentaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa dan bernegara

“Prinsip dasar moderasi beragama diantaranya berkeadaban yakni menjunjung akhlak mulia, keteladanan, kewarganegaraan dan kebangsaan, mengambil jalan tengah, berimbang, adil dan konsisten, kesetaraan, toleransi, dinamis dan inovatif,” jelasnya.

Dalam hal ini kakan Kemenag menekankan prinsip berkeadaban, keteladanan, kewarganegaraan dan kebangsaan.

“Pada point berkeadaban para siswa/i di SLTP 1 ini khususnya diharapkan memiliki sifat sholeh, santun berbudi pekerti mulia artinya siswa memiliki sifat yang suka menghargai terlebih kepada orang yang lebih tua. Selanjutnya karakter yang mesti di miliki terkait Keteladanan yaitu disiplin, integritas dan percaya diri dimana para siswa sekolah khususnya di SLTP 1 Kota Bukittinggi ini senantiasa mentaati peraturan yang telah ditetapkan sekolah ” tuturnya lagi.(Syafrial)

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Shalat Kusuf di Masjid Nurul Yaqin Bukit Cangang
- Advertisement -
- Advertisement -