Kakankemenag Kab. Solok Kukuhkan Pengurus BMT Ponpes Darussalam Aur Duri Sumani

Kakankemenag Kab. Solok Kukuhkan Pengurus BMT Ponpes Darussalam Aur Duri Sumani
Solok, SuhaNews. Disela touring motor dalam rangka HAB Kemenag ke 74, Senin (23/12) Kepala Kantor Kemenag kab. Solok mengukuhkan pengurus Baitul Mal Waa Tamwil (BMT) Pondok Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag mengatakan bahwa Baitul Mal Waa Tamwil merupakan sebuah lembaga ekonomi berkonsepkan Islam. Yang bila dicari persamaannya sama dengan koperasi.

Dilanjutkan oleh H. Alizar, BMT secara pengoperasiannya dibagi dalam dua macam yakni Baitut Tamwil (rumah pengembangan harta), yang bertugas melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil dengan antera lain mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonomi.

Kemudian Baitul maal (rumah harta), menerima titipan dana zakat, infak dan sedekah serta mengoptimalkan distribusinya sesuai dengan peraturan dan amanahnya.

“Kita ingin pondok pesantren dan madrasah memiliki BMT sebagai salah satu penunjang perekonomian bercirikan Islam,” tegas H. Alizar.

Kedepan kita ingin semua madrasah dan pondok pesantren memiliki BMT yang dapat dimanfaatkan oleh para ustadz dan ustadzah maupun untuk pengembangan ekonomi lembaga itu sendiri.

Menutup sambutannya H. Alizar mengapresiasi Pondok Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani menjadi yang pertama membentuk BMT, semoga ini menjadi motivasi oleh pondok pesantren dan madrasah lain di kabupaten Solok.

Adapaun pengurus BMT Pondok pesantren Aur Duri yang dikukuhkan adalah, ketua Drs. H. Saaduddin. AS, wakil ketua Dra. Yanti. SY, sekretaris Siska Mulya, wakil sekretaris April yanti dan Bendahara Yulva Nella, S.Pd.I. Moentjak

 

Facebook Comments

BACA JUGA  WFO, Kemenag Bukittinggi Terapkan Protokol Kesehatan
loading...
Artikel sebelumyaJuara Umum 3 Giat Prestasi Penggalang 2019, Kado Indah MTsN 6 Solok di Ujung 2019
Artikel berikutnyaDimotori “Induak-Induak”, Masyarakat Bawah Duku Koto Baru Berikan Bantuan Korban Longsor Ujuang Ladang