Kardi Saras: Inovasi Kartu Digital, Sukses Tekan Angka Stunting di Sungai Rumbai

Dharmasraya, SuhaNews – Inovasi Kartu Digital Sungai Rumbai Sehat Eradikasi Stunting (KARDI SARAS) terbukti ampuh dalam menurunkan angka stunting di Kecamatan Sungai Rumbai. Dalam kurun satu tahun, prevalensi stunting di wilayah tersebut anjlok dari 14,7% pada Agustus 2022 menjadi 6,19% di Oktober 2023.

KARDI SARAS digagas pada tahun 2022 oleh dr. Abdurrahman Afa Haridhi, seorang dokter CPNS di Puskesmas Sungai Rumbai. Inovasi ini tercipta sebagai respons terhadap tingginya angka stunting di masyarakat yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pencegahan dan pengendalian stunting.

“Banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya nutrisi, pola makan, dan pola asuh dalam pencegahan stunting. Mereka masih beranggapan bahwa pendek itu genetik dan anak yang aktif berarti sehat,” jelas dr. Yulmiana Dwi, Kepala Puskesmas Sungai Rumbai, pada Senin (22/07/2024).

KARDI SARAS hadir untuk memberikan informasi terintegrasi tentang stunting kepada berbagai kalangan, mulai dari remaja, calon pengantin, ibu hamil, keluarga, hingga balita. Informasi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok.

Kartu digital ini memuat berbagai informasi edukatif, seperti kalkulator digital untuk mengukur status gizi anak, video edukasi, infografis, poster, dan buku pedoman. KARDI SARAS tersedia dalam bentuk hardfile (kartu fisik) dan softfile (E-Card) yang dapat diakses melalui link https://s.id/KARDISARAS atau https://bit.ly/KARDISARAS.

Informasi dalam KARDI SARAS juga dapat diakses dengan memindai barcode atau menggunakan Google Lens.

Inovasi

Sosialisasi KARDI SARAS dilakukan secara masif dengan melibatkan seluruh instansi terkait di Kecamatan Sungai Rumbai. Upaya ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, khususnya Camat Sungai Rumbai.

“Kami berharap KARDI SARAS dapat berperan aktif dalam mendukung program nasional percepatan penurunan angka stunting, meskipun kami hanya unit kerja dengan cakupan wilayah kecil,” pungkas Yulmiana.

BACA JUGA  Ditangkap di Bungo-Jambi, Pelaku Curanmor Beraksi di Dharmasraya

Keunggulan KARDI SARAS:
Memberikan informasi terintegrasi tentang stunting yang mudah dipahami, Menjangkau berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga balita, Tersedia dalam bentuk hardfile dan softfile, Mudah diakses melalui berbagai platform
Mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah.

KARDI SARAS merupakan contoh nyata bagaimana inovasi teknologi dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Keberhasilan KARDI SARAS dalam menurunkan angka stunting di Sungai Rumbai patut dijadikan inspirasi bagi daerah lain untuk mengembangkan program serupa. (*)

Baca Juga : Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64, Kajari Dhamasraya Gelar Adhyaksa Fair

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -