Kebakaran Lahan di Kab. Solok Hanguskan Kebun Karet di Kuncia

Solok, SuhaNews – Panas berkepanjangan mulai berdampak di Kabupaten Solok, kebakaran lahan di nagari Kuncia kecamatan X Koto Diatas mengakibatkan 30 batang pohon karet habis dilalap api, Sabtu (30/9).

Kasi Ops Pemadam Kebakarab Kabupaten Solok Zulhelmi Bossy kepada SuhaNews menyebutkan, pihaknya menerima laporan dari Wali Nagari Kuncia pada Sabtu (30/9) sekitar pukul 19.30 WIB yang langsung direspon Pos Koto Baru dengan menurunkan satu armada.

“Petugas piket menerima laporan sekitar pukul 19.28 WIB dan langsung berangkat menuju TKP dengan waktu tempuh lebih kurang 15 menit,” terang Zulhelmi.

Butuh waktu lebih kurang satu jam bagi petugas untuk melakukan api yang melalap pohon karet di ladang milik Datuak Majo Lelo dan Datuak Bandaro. Selain melakukan pemadaman pada api yang berkobar di kebun tersebut, petugas juga melakukan lokalisir agar api yang menyebar ke ladang di sekitarnya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sedangkan kerugian materil masih dihitung oleh pemilik lahan.

Kebakaran Lahan di Kab. Solok Hanguskan Kebun Karet di Kuncia 1

Atas kejadian ini, Zulhelmi mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, baik lahan maupun hunian. Karena panas berkepanjangan berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

Untuk kebakaran lahan, selain disebabkan oleh pembakaran sampah juga disebabkan puntung rokok yang menyambar daun kering. Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Korban Kebakaran Tabek Baluang Jorong Koto Hiling Terima Bantuan
- Advertisement -
- Advertisement -