5 Kebiasaan yang Tak Disadari Bikin Tubuh Mudah Sakit

biasa
Jakarta – Kondisi tubuh yang mudah sakit, tentu sangat mengganggu berbagai aktivitas. Banyak orang yang seringkali mengalami sakit flu dan demam.
Kekebalan tubuh setiap orang memang berbeda-beda. Namun, ada kalanya, kamu bisa mengantisipasi kondisi ini dengan cara menghindari kebiasaan tertentu.
Salah satu antisipasinya dengan mengubah kebiasaan sepele yang membuat tubuh mudah tumbang. Dikutip dari eat this, berikut hal-hal yang bisa bikin seseorang cepat sakit:

1. Stres

Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Saat stres, otak meningkatkan produksi hormon stres kortisol, yang dapat merusak sel T (komponen dalam darah yang melawan infeksi).

Menurut American Cancer Society, orang yang mengalami stres akan lebih mudah terserang flu biasa.

2. Sering minum alkohol

Alkohol yang terurai ke dalam tubuh akan berubah menjadi asetaldehida (racun yang kuat). Asetaldehida dapat menghambat kemampuan paru-paru untuk mengeluarkan mikroba dari tubuh dan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri dan virus.

3. Terlalu banyak konsumsi gula

Gula menyebabkan peradangan tubuh, yang bisa melemahkan sel darah putih. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melawan infeksi. The American Heart Association merekomendasikan agar pria makan tidak lebih dari 9 sendok teh (36 gram) gula tambahan per hari dan wanita tidak lebih dari 6 sendok teh (24 gram).

4. Kegemukan

Kelebihan berat badan dapat menghambat sel darah putih memproduksi antibodi untuk melawan peradangan tubuh. Dalam sebuah penelitian pada hewan yang dilakukan di University of North Carolina, para peneliti menemukan bahwa tikus yang obesitas 10 kali lebih mungkin mati saat terinfeksi virus flu, dibandingkan tikus dengan berat badan normal.

5. Kurang tidur

Saat kita tidur, tubuh melakukan beberapa proses untuk memperbaiki dan mengisi ulang tubuh. Salah satunya adalah memastikan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selama tidur, tubuh memproduksi protein inflamasi yang disebut sitokin, bersamaan dengan mengisi kembali berbagai sel dan antibodi yang melawan penyakit. Jika kamu tidak cukup tidur, itu bisa menjadi penyebab kamu bisa terserang pilek dan flu.

  • Artikel ini sudah tayang di detik.com dengan judul yang sama.

Baca juga:

Facebook Comments

loading...