Kembangkan Pertanian, Bupati Solok akan Buat MoU dengan Balitbu Tropika

akan
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok H. Epyardi Asda bersama staf kunjungi Balitbu Tropika dan berdiskusi dengan para peneliti tanaman buah ini, Jumat, 7 Mei 2021 di Auditorium Balitbu Tropika Aripan.

Dalam kunjungan ini Bupati Solok H. Epyardi Asda diterima oleh Kepala Balitbu Tropika  Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP dan para peneliti Balitbu.  Bupati didampingi oleh  Asisiten Medison, S.Sos, M.Si., Kadis Pertanian Siis, S.P, Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si.

Kepala Balitbu Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP mengatakan bahwa baru-baru ini Menteri Pertanian meminta untuk membuat konsep tentang pengembangan buah di Kabupaten Solok.

Baca juga: Menteri Pertanian dan Wagub Audy Kunjungi Balitbu,: Pertanian Tulang Punggung Sumbar

“Balitbu memiliki peneliti sebanyak kurang lebih 43 orang,” jelas Ellina Mansyah.

Tupoksi Balitbu jelas Ellina Mansyah, adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan tanaman buah tropika dengan komoditas prioritas seperti pisang, mangga, manggis, salak. Sedangkan komoditas unggulan kita adalah durian, pepaya, naga, melon, semangka, alpokat, rambutan dan sirsak dll.

Konsep pengembangan buah Kabupaten Solok, jelasnya,  adalah melanjutkan perluasan areal, inisiasi industri tepung, pembangunan infrastruktur dan mendekatkan petani dengan pasar untuk kampung pisang di Selayo.

“Kami juga membangkitkan kembali markisa Alahan Panjang, membangkitkan kembali limau kacang, dan perluasan areal durian di Kecamatan X Koto Singkarak dan Kinari,” jelas Ellina Mansyah.

Sementara Bupati Solok H. Epyardi Asda mengatakan bahwa kunjung ini dalan rangka tugas sebagai bupati solok dalam menyelaraskan visi dan misi Bupati Solok.

“Balitbu ini tidak asing bagi saya, saya sering membeli bibit hasil dari balitbu untuk saya tanam di kebun,” jelas Epyardi Asda.

“Saya mengharapkan kerjasama dengan balitbu ini dalam rangka pengembangan tanaman buah di Kabupaten Solok,” jelas Bupati Solok

BACA JUGA  Perbaiki Layanan, Wabup Solok Pimpin Rapat Tindak Lanjut MoU dengan Ombudsman

Bupati berharap petani yang modern dan melek akan teknologi. Karena itu diharapkan dukungan dari penyuluh dalam rangka memberikan wawasan kepada para petani.

“Mudah mudahan Pemkab Solok dapat menjalin kerja sama dalam rangka pengembangan sektor pertanian sesegera mungkin akan dibuat MoUnya,”pungkas Bupati Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Persiapan Adiwiyata Mandiri, MAN 2 Solok Gandeng Balitbu Tropika Aripan

Facebook Comments

loading...