Kemenag Bukittinggi Gelar FGD Penyelenggaraan Haji Bahas Aset BMH

Kemenag Bukittinggi gelar FGD Penyelenggaraan Haji Bahas Aset BMH
Bukittinggi, SuhaNews – Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Bukittinggi menggelar Focus Group Discussion (FGD) , Selasa (05/09) di aula Kemenag setempat.

“Dana Haji  adalah dana setoran BPIH dan nilai manfaatnya dikuasai negara dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji,” ujar Kakan Kemenag, Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi.

Baca juga: Hoax, Dana Haji Digunakan Untuk Pembangunan Ibu Kota Negara

Dalam rangka pengamanan Barang Milik Haji tersebut di kelolamengunakan aplikasi SIMAK BMH dalam pencatatan aset-aset BPIH sesuai UU No 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji. Adapun tujuan dari pengelolaan BMH adalah memenuhi tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib fisik.

Sementara untuk penghapusan BMH harus dipenuhi kritiria, yaitu Barang Rusak Berat dan Barang tidak diketahui keberadaanya. Khusus pada tingkat Kemenag kabupaten/kota, cukup menggunakan aplikasi sensus BMH.

“Barang Milik Haji ( BMH ) yang dikelola oleh Kementerian Agama dalam hal ini Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah. BMH tersebut cukup banyak dan tersebar di seluruh Indonesia dan Arab Saudi. Untuk itu perlu diperhatikan dan dipetakan agar dapat memberi manfaat secara maksimal, ungkap Eri dalam arahannya.

Eri Iswandi menghimbau seluruh tim agar bekerja dengan penuh tanggung jawab , tidak menyembunyikan dan atau menghilangkan aset BMH, mereviu seluruh BMH yang ada pada Kantor Kemenag dan Kantor KUA Kecamatan, termasuk Barang Milik Haji yang berasal dari hibah pihak ke tiga sehingga seluruh BMH dapat terpeta dengan baik.

Hj. Tri Andriani Djusair selaku seksi PHU menyatakan ada beberapa tahapan dalam kegiatan sensus BMH tersebut antara lain, mMembentuk Tim, menyiapkan Kertas Kerja, Berita Acara, melakukan Sosialisasi dan pengarahan pada tim seperti yang dilakukan saat ini, melaksanakan sensus, mengisi kertas kerja, Berita Acara dan Membuat Laporan Hasil.

BACA JUGA  Wako Fadly Didampingi Ketua DPD Golkar Mahdelmi Jemput Aspirasi Pedagang

“Peserta RDK terdiri dari unsur PHU, kasubag tata usaha serta pengelola BMN,” ungkapnya.

Adapun jenis BMH yang akan dilakukan sensus meliputi Tanah, Gedung dan Bangunan, Kendaraan, Peralatan dan Mesin, Aset tetap lainnya.

Kegiatan RDK diawali dengan penandatanganan Surat Pernyataan seluruh anggota Tim sensus dan di ketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi selaku Kuasa Pengguna Barang Milik Haji. Yal

Baca juga: Kemenag Bukittinggi Gelar Pembinaan KBIHU

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak1190 Berkas Arsip Eks Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman Barat Dimusnahkan
Artikulli tjetërLiga Champions: Liverpool Terkapar, Ajax Amsterdam Pesta Gol