Kemenag Kota Payakumbuh Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan

kemenag
Payakumbuh, SuhaNews. Meningkatkan pengelolaan arsipan dilingkungan Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, lembag ini menggelar sosialisasi untuk jajarannya.
Acara dengan pemateri Hj.Diana Bako, SE Arsiparis Muda pada Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, berlagsung Jumat (23/10) yang lalu.
Dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H.Ramza Husmen yang di dampingi oleh Hadir Kasubag TU H. Mustafa,  serta para kepala seksi dan  Ka.KUA Payakumbuh Barat:, Kepala KUA Payakumbuh Timur,  Kepala KUA Pyk Utara, Kepala KUA Pyk Selatan, Kepala KUA Latina, Kepala  KUA Payakumbuh Utara serta pengawas dan seluruh JFT dan JFU  pada lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Solok.

H. Mustafa sebagai Kasubbag TU  sebagai kata pembuka menyampaikan  bahwa tujuan workshop ini untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang bagaimana tata cara pengelolaan kearsipan yang baik di satker. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting, jelasnya.

Kakankemenag Kota Payakumbuh H.Ramza Husmen menyampaikan bahwa arsip mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah kantor dan perlu pengelolaan arsip yang baik dan benar. Dan hal mutlak yang harus dilakukan di sebuah kantor ketika dalam membutuhkan arsip dengan cepat dan waktu yang singkat dapat ditemukan dengan cepat, tuturnya.

” Arsip merupakan sumber informasi sebuah organisasi atau perorangan, arsip ini sangat penting untuk mengingat kembali dan merupakan sumber pengingat kembali ” ungkap H.Ramza Husmen.

Lebih jauh H.Ramza menyampaikan  bahwa tatangan kedepan terkait kearsipan ini sangat diperlukan oleh satker dan persoalan arsip akan berpengaruh kepada efektivitas Satker. Dan dalam pemeriksaan selalu yang dicari adalah arsip. Hilangnya sebuah arsip akan bisa menghilangkan sebuah sejarah dan sistem kearsipan saat ini harus dirubah kedalam sistem kearsipan digital untuk mengurangi tempat dan lebih hemat.

Hj. Diana Bako , SE dalam materinya menjelaskan bahwa sistem arsip digital ini akan mampu mengubah dan membuat suasana kerja yang nyaman. Dan perlu juga dilakukan scan atas arsip untuk diarsipkan kedalam arsip digital dan bisa dibutuhkan pada saatnya nanti.

Lebih jauh, Hj.Diana  juga menyampaikan bahwa bagaimana pun melalui arsip ini kedepannya dapat menghindari terjadinya pekerjaan yang berulang – ulang dan data yang tersimpan dengan baik dan bisa dibuka kembali pada saat dibutuhkan dan bisa digunakan dalam pengambilan kebijakan.Perkuat arsip dan data di satker masing-masing dan para pelaku dan pelaksana administrasi yang lebih berkompeten.

Harapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh kedepannya pengelolaan arsip dapat dilakukan menjadi lebih baik dan profesional.

reporter : Widya editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...