Kinerja Dukcapil Sumbar Raih Predikat Terbaik Nasional

dukcapil
Zudan Arif
Padang, SuhaNews – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri menetapkan Provinsi Sumatera Barat meraih level 4 (terbaik) berdasarakan hasil evaluasi kinerja Dinas Dukcapil. 

Perolehan Predikat terbaik bagi Sumbar dalam evaluasi Ditjen Dukcapil ini berhasil diraih setelah melalui pengukuran atas 10 indikator capaian kinerja, yaitu perekaman KTP-el 99.3%, kepemilikan KIA 40%, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan.

Baca juga: Wako Genius Umar Lantik Adi Junaidi Sebagai Kadis Dukcapil Kota Pariaman

Selanjutanya, Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada 18 dokumen, layanan administrasi kependudukan secara online, pelayanan terintegrasi, kepemilikan akta kelahiran 97%, perjanjian kerjasama (PKS), serta akses pemanfaatan data dan penggunaan buku pokok pemakaman.

Berdasarakan hasil penilaian tersebut, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakhrulloh memberikan apresiasi nya atas capaian Sumatera Barat yang berhasil berada di level 4.

“Saya apresiasi kinerja Provinsi Sumatera Barat, Lampung, Jawa Timur dan Kalimantan Timur, yang sudah berhasil berada di level ke-4, level terbaik, Ayo kita lebih semangat meningkatkan layanan bagi masyarakat,” ujar Zudan Arif.

Diketahui dari hasil levelisasi hingga 31 Maret lalu itu, sebagaimana yang telah disampaikan Zudan, baru empat provinsi yang sukses memperoleh Predikat level 4. Sementara di level 3 (baik), terdapat 22 provinsi, dan 8 provinsi lainnya masih berada di level 2 (buruk).

Direktur Pendaftaran Penduduk, David Yama selaku penanggung jawab levelisasi tersebut mengatakan, proses ini penting dilakukan untuk mengukur pencapaian dalam pembinaan kependudukan dan pencatatan sipil di daerah.

“Melalui levelisasi kita dapat mengukur capaian kluster-kluster dalam membina Disdukcapil daerah, seperti penerapan strategi-strategi perekaman KTP-el atau kepemilikan KIA,” kata Yama.

Selain itu, menurut Yama monitoring dan evaluasi capaian melalui levelisasi penilaian kinerja ini juga selaras dengan arah Mendagri Tito Karnavian, untuk terus melakukan peningkatan dalam pemberian layanan terbaik bagi masyarakat. (Mc Prov Sumbar)

BACA JUGA  Penyuluh Agama Bukittinggi Sentuh PERSOTIB

Baca juga: Walikota dan Wawako Solok Tinjau Kantor Dukcapil dan Satpol ‘Baru’

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Agam Launching Gerakan No Bully di SDN 14 Pasia
Artikulli tjetërLKKS Agam Salurkan 60 Paket Lebaran untuk Lansia dan Anak Yatim