Komisi Informasi Luncurkan Kick Off E-Monev KIP 2022

komisi
Jakarta, SuhaNews – Komisi Informasi Pusat, Dony Yoesgiantoro gelar jumpa pers Launching Kick Off E-Monev KIP 2022, di Jakarta, Rabu (10/8).

Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) Tahun 2022 dimaksudkan untuk menilai sejauhmana Badan Publik, khususnya Badan Publik negara, menjalankan kewajiban-kewajiban layanan informasi kepada masyarakat.

Baca juga: 5 Asisten Ahli Komisi Informasi Sumbar Diperebutkan Ribuan Peminat

“Kegiatan Monev KIP 2022 akan menilai 371 Badan Publik yang terdiri dari Badan Publik tingkat Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi, Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Non Struktural, Badan Usaha Milik Negara dan partai politik,” ujar Dony Yoesgiantoro,

Faktanya, belum semua badan publik tersebut, jelas Dony, memahami keterbukaan informasi yang pastinya berdampak kepada hak publik mendapatkan informasi.

Dalam kegiatan Monev KIP 2022 ini, tambah Dony, penilaian kepatuhan keterbukaan informasi akan menekankan pada aspek sarana prasarana, jenis informasi, kualitas informasi, digitalisasi, komitmen organisasi, inovasi. Adapun kegiatan penilaian terdiri dari tahap pengisian kuesioner dan presentasi uji publik.

“Menjelang uji publik, kelak KI Pusat akan meminta masukan tanggapan masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar keputusan KI Pusat memiliki kreadibilitas

Agar pelaksanaan Monev KIP 2022 berlangsung secara terbuka dan akuntable, instrument penilaian menggunakan system elektronik e-monev. Dengan system ini, Badan Publik dan juga masyarakat luas dapat mengakses serta mengawasi proses penilaian. Instrumen e-monev ini sekaligus sebagai basis data  dalam uji coba penyusunan peta digital yang menggambarkan pelaksanaan  keterbukaan informasi baik tingkat pusat maupun daerah.

Selanjutnya Dony menegaskan agar setiap Badan Publik yang menjadi objek Monev KIP 2022 bersikap kooperatif dalam bentuk menjawab dan mengikuti semua tahapan. Sebab kesertaan Badan Publik mengikuti Monev 2022 adalah bentuk lain dari komitmen Badan Publik untuk terbuka. (ind/doa/MMC)

BACA JUGA  Proklamasi Kemerdekaan versi Sumatera

Baca juga: Komisi Informasi dan Kominfo Provinsi Sumbar Nilai Badan Publik di Pesisir Selatan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKUA Akabiluru Tekan Kontrak Kerja dengan Beberapa Instansi
Artikulli tjetërHadiri Rakornas, Kota Solok Terima Penyaluran Dana Bagi Hasil