Kota Pariaman Gelar Bimtek Digitalisasi Data Wilayah Desa dan Kelurahan

digitalisasi
Kota Pariaman, SuhaNews – Dinas Kominfo Kota Pariaman melalui Bidang Statistik menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitalisasi Desa/Kelurahan dan Kecamatan Statistik Kota Pariaman Tahun 2021, Selasa (10/8/2021). di Ruang Rapat Bappeda Kota Pariaman. 

Bimtek ini difasilitasi oleh Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumatera Barat dan mahasiswa magang Universitas Negeri Padang (UNP) yang telah mendigitasi desa di Kecamatan Pariaman Timur.

Baca juga: Digitalisasi Dokumen Kependudukan di Dinas Dukcapil Tanah Datar

“Kegiatan ini bertuuan Untuk mendigitalisasikan data wilayah desa dan kelurahan, termasuk peta, batas antar desa/kelurahan dan batas antar dusun di desa yang ada di Kota Pariaman,” ujar Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kota Pariaman, Nofrizal Nur.

Dinas Kominfotik Sumbar dan mahasiswa magang UNP, jelas Nofrizal Nur, telah membantu mendigitasi data-data desa-desa di Kecamatan Pariaman Timur.

Agar data-data/peta-peta tersebut sesuai dan sinkron dengan kondisi desa yang sebenarnya, jelas Nofrizal Nur, maka perlu dibahas bersama dengan kepala desa/aparatur desa yang memahami kondisi masing-masing desa.

“Setiap desa diharapkan membawa peta/data pendukung yang ada di desa untuk disingkronkan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, digunakan Aplikasi Google Earth Pro, aplikasi yang mudah dan tidak berbayar. Dengan menggunakan aplikasi ini data akan menjadi lebih akurat, seperti luas wilayah, luas kawasan, luas batas antar desa didalam kecamatan, batas dusun didalam satu desa, karena dibuat oleh pemerintah desa itu sendiri.

“Sejak tahun 2017 Kota Pariaman sudah memiliki Perwako tentang desa dan batas desa di seluruh wilayah Kota Pariaman,” tambah Nofrizal Nur.

Berdasarkan peta itulah, para operator desa dan penanggungjawab data statistik di desa dan kelurahan di Kecamatan Pariaman Timur termasuk perwakilan desa dan kelurahan di tiga kecamatan lainnya dilakukan bimtek hari ini.

BACA JUGA  Kunjungi Kemenag Kab. Solok, Wakil Rektor Promosikan UIN IB

Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri berharap setelah bimtek ini dilakukan masing-masing desa dapat membuat data yang lebih akurat, lebih terstruktur, lebih mudah dicari dan didapatkan setiap saat. .

“”Kita akan melakukan bimbingan atau pembinaan ke desa masing-masing secara roadshow dan berkelanjutan untuk memantau kemajuan atau progres digitalisasi di desa masing-masing ,” tutup Hendri.

Kegiatan ini dihadiri, Kabid Pelayanan Kominfo/Statistik Sektoral, Oni Fajar Syahdi, Camat Pariaman Timur Muhammad Arif Gunawan, Pengelola Data Statistik Kecamatan Pariaman Timur (Penetapan Kecamatan Statistik).

Kemudian, Pengelola Data Statistik desa-desa se-Kecamatan Pariaman Timur (Penetapan Kecamatan Statistik), Kelurahan Kp. Perak sbg perwakilan Kec. Pariaman Tengah, Desa Padang Cakur sebagai perwakilan Kec. Pariaman Selatan dan Desa Sikapak Timur perwakilan Kec. Pariaman Utara.  (*)

Baca juga: Munas Virtual, UMKM Harus Merobah Pola Pemasaran Dengan Digitalisasi Pasar.

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumya3 Armada Damkar Kota Solok, Selamatkan Musala MTsN dari Amukan Api
Artikel berikutnyaPolsek Matur Ringkus 3 Bajing Loncat Kelok 44