Kunjungi Masjid Ibnu Abbas, Jemaah Haji Kab. Solok Lihat Kebesaran Sejarah Islam

Makkah, SuhaNews – Jelang keberangkatan menuju Madinah untuk melaksanakan Arba’in, jemaah haji Kabupaten Solok yang baru saja menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, menikmatai suasana kota Makkah dengan mendatangi beberapa situs penting dan bersejarah, Senin (24/6).
Diantara situs yang dikunjungi adalah Masjid Ibnu Abbas yang terletak di Thaif yang berjarak lebih kurang 90 km dari hotel Luluat Alnader di Sysyah. Kota ini memiliki banyak situs bersejarah dalam perkembangan Islam. Masjid unik berbentuk kotak ini dibangun pada tahun 592 H. Dinamakan Masjid Ibu Abbas karena bangunannya terletak disamping makam Ibnu Abbas.

Selain Ibnu Abbas, ditempat ini juga dimakamkan tokoh lainnya  Imam Muhammad bin Al Hanafiyah bin Ali Ibnu Abi Thalib yang juga dimakamkan di situ. Dia putra Sayidina Ali dari istri selain Fatimah.

Dikutip dari laman Haji.Kemenag.go.id, Abdullah Ibnu Abbas adalah anak dari Abbas bin Abdul Muthalib, paman dari Rasulullah SAW. Ibnu Abbas lahir 619 M. Dia adalah seorang sahabat sekaligus keponakan Rasulullah SAW.

Ibnu Abbas merupakan salah satu sahabat yang berpengetahuan luas. Banyak hadis sahih yang diriwayatkan melalui Ibnu Abbas.

Ia juga menurunkan seluruh Khalifah dengan nama Bani Abbasiyah. Abbasiyah dirujuk pada keturunan dari paman Nabi Muhammad yang termuda, yaitu Abbas bin Abdul Muththalib.

Dari Masjid Ibnu Abbas jemaah menuju pabrik parfum, disini jemaah melihat proses peracikan parfum hingga dikemas dan siap pakai. Pengelola pabrik telah menyiapkan film dokumenter yang disajikan pada tamu yang umumnya adalah jemaah haji dan jika dihari biasa didatangi oleh jemaah umrah.

Situs lain yang dikunjungi adalah Thaif University, salah satu perguruan tinggi ternama di Arab Saudi yang memiliki banyak jurusan dan program studi. Lusi | Rahmat | Fendi

BACA JUGA  Meylan, Mahasiswi Unand jadi JCH Termuda di Kloter 5 Embarkasi Padang

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -