Launching Manasik Sepanjang Tahun, H. Hendri Apresiasi 3 Bisik Kemenag Kab. Solok

manasik
Koto Baru, SuhaNews. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri melaunching manasik haji sepanjang tahun di aula Hubbul Wathan kantor kemenag Kab Solok, Selasa (1/9). Kakanwil mengapresiasi inovasi 3 bisik yang dicetuskan oleh seksi PHU.
Acara yang berlangsung dengan protokol kesehatan ini dihadiri oleh calon jamah haji dari kecamatan Kubung sebanyak 48 orang yang merupakan bagian dari 171 CJH Kab. Solok tahun ini.

Turut pula hadir dalam acara ini, Camat Kubung Rikcy Carnova, Kapolsek Kubung, Danramil Kubung serta Wali Nagari Koto Baru.

Kepala Kantor Kemenag kab. Solok H. Alizar dalam lapirannya menyampaikan bahwa calon jamaah haji Kab. Solok yang sedianya bernagkat tahun 2020 ini sebanyak 171 orang, dan dari Kec. kubung sebanyak 48 orang.

manasik

“Untuk launching ini, sedianya akan mengadirkan seluruh CJH, namun untuk mematuhi protokol kesehatan maka yang dihadirkan hanya CJH Kubung yang mewakili,” ujar H. Alizar.

Ditambahkannya, untuk manasik haji sepanjang tahun ini, Seksi Peneyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kab. Solok menctuskan 3 inovasi yakni Bisik Viral, Bisik Damai dan Bisik Taqwa.

“Ketiganya kami hadirkan untuk meningkatkan pengetahuan calon jamaah haji dalam mempersiapkan diri menuju tanah suci nanti,” ulasnya.

Menutup laporannya H. Alizar juga menyampaikan bahwa terkait pembatalkan keberangkatan calon jamaah haji tahun ini, Kantor Kemenag kab. Solok telah mengembalikan paspor seluruh jamaah sebagaiaman instruksi dari Menteri Agama.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, mengawali sambutannya dengan apresiasi pada inovasi dari Kantor Kemenag kab. Solok yang mecetuskan 3 bisik untuk meningkatkan pengetahuan ibadah jamaah.

“Suatu karya yang luar biasa dari kantor Kemenag Kab. Solok untuk jamaah haji yang akan berangkat. Semoga inovasi ini menjadi pintu syorga bagi petugas dan penambah nilai ibadah bagi jamaah,” ujar H. Hendri bersemangat.

H. Hendri menyebut, dengan adanya penundaan, maka jamah diberi kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ibadahnya, agar nanti saat berada di tanah suci dapat melaksanakannya sesuai rukun dan syarat serta khusuk.

Menutup sambutannya, H. Hendri mengajak jamaah untuk memanfaatkan inovasi dari Kemeng kab. Solok ini dalam mempersiapkan diri selain manasik mandiri yang diikuti bersama KBIH atau pembbimbing ibadah yang diiinginkan.

Tiga bisik yang dicetuskan oleh Kemenag Kab. Solok ini adalah bisik viral (bimbingan manasik vidoe virtual). Dalam program ini jamaah dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan petugas dan pembimbing ibadah yang difasilitasi oleh seksi PHU kantor Kemenag Kab. Solok

Kedua bisik Damai (bimbingan manasik datang mengunjungi jamaah haji), petugas dan pembimbing ibadah datang mengunjungi jamaah baik secara perorangan maupun kelompok. Dan ketiga bisik Taqwa (bimbingan manasik Tahsinul Qira’ah wal Adab), petugas dan pembimbing ibadah akan memberi pendampingan terkait peningktan kemampuan tilawah dan melafazkan doa dan bacaan yang termaktub dalam rukun dan syarat haji. Moentjak

BACA JUGA :

 

Facebook Comments

loading...