Resmikan Rumah Tahfiz Darul Quran di Lima Tahun RTAF

Lima Tahun RTAF, Resmikan Rumah Tahfiz Darul Quran
Siska Damasra bersama Asistem I Drs. Suhermen
Rambatan, SuhaNews – Lima Tahun bedirinya Rumah Tahfiz Al-Qur’an Fisabilillah (RTAF) ditandai dengan peresmian Rumah Tahfiz Darul Qur’an (RT DAQU), Minggu (9/2) di III Koto Padang Luar Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar.

“Rimah Tahfidz DAQU ini dirersmikan oleh Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Setda Drs.Suhermen,” jelas Pendiri dan Pembina RTAF dan RT DADU, Siska Damasra, S.Pd.I.

Rumah Tahfizh Alquran Fisabilillah (RTAF), jelas Siska, berasal dari Pondok Tahfizh Alquran Fisabilillah (PTAF), yang berdiri pada 20 April 2014 di Padang Luar Jorong Kalumpang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.

“Kegiatan PTAF setiap hari Minggu pukul 08.00-13.00 Wib,” jelas Siska.

Sekitar enam bulan, jelasnya,  Alhamdulillah santri PTAF sudah hafal 1 Juz yaitu Juz 30. Kalau ditambah 2, 3, 4 hari atau diinapkan, Insya Allah mereka akan bisa hafal lebih banyak dan lebih cepat dalam waktu yang singkat.

“Untuk mewujudkan hal tersebut PTAF mengontrak sebuah rumah di Jorong Balai Batu Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum,” tambah Siska.

Rumah ini diberi nama Rumah Tahfizh Alquran Fisabilillah (RTAF), yang berdiri pada tanggal 6 Februari 2015. RTAF sudah melaksanakan wisuda Tahfizh Angkatan Ke-4 pada tanggal 8 September 2019.

“Wisuda keempat itu digelar di Aula Islamic Centre Pagaruyung,” jelas Siska lagi.

Dalam rangka Milad RTAF ke-5, 9 Februari 2020 kembali digelar wisuda. Kali ini dipusatkan di Rumah Tahfizh Daarul Quran (RT DAQU) di Padang Luar Jorong Kalumpang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.

“Bertepatan dengan Milad RTAF ke-5, juga diresmikan Rumah Tahfizh Daarul Quran (RT DAQU) di Padang Luar Jorong Kalumpang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan,” papar Siska Damasra.

BACA JUGA  Jumat Pertama Tanpa Khutbah dan Salat Berjamaah

“Semoga semakin banyak hafidz dan hafidzah di Tanah Datar ini,” harap Drs. Suhermen.

RT DAQU ini, jelasnya, berdiri pada 20 September 2019. Kegiatan dilaksanakan setiap Jumat, pukul 14.00-17.00 Wib.  Sekalipun baru sekitar empat bulan, Alhamdulillah sudah ada santri yang sudah hafal 1 Juz.

Pada wisuda kali ini, selain dihadiri oleh Asisten 1 Bupati Tanah Datar juga dihadiri oleh, Camat Rambatan, Wali Nagari III Koto dan lapisan masyarakat setempat.

Hiburan saat peresmian RTAF

“Sudah ada santri yang hafal 15 juz,” jelas Siska.

RTAF dan RT DAQU, jelas Siska, diharapkan bisa melahirkan para penghafal Al-Quran yang berkhlakul Qurani dan mewujudkan keluarga Hafidz/hafidzah.

“RTAF dan RT DAQU  memiliki metode menghafal, buku panduan dan buku Muthobaa’ah Yaumiyah sendiri,” jelas Siska Damasra.

“RTAF dam RT DAQU memiliki Program Orangtua Menghafal (POM),”  jelas Siska.

Melalui POM ini, jelasnya diharapkan bisa membangun keluarga hafidz/hafidzah. Di samping juga ada Persatuan Orangtua Santri RTAF (PORTAF).

“Kita menerima santri mulai dari umur 4 tahun hingga lansia,” jelas Siska.

Di samping itu, jelasnya, juga  ada program khusus seperti Program Karantina Liburan dan Program Karantina Ramadhan. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan hafalam para santri.

Reporter: Andra Mairoza Editor: Wewe

Facebook Comments

loading...