LPTQ Nagari Koto Sani Gelar MTQ Virtual Peringati Nuzul Qur’an

408
lptq
Koto Sani, SuhaNews. Memperingati Nuzul Qur’an 1441 H, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an ( LPTQ ) nagari Koto Sani kec. X Koto Singkarak Kab. Solok menggelar MTQ Virtual. Kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut akan di selenggarakan selama tiga hari, yang di mulai pada tanggal 19 s/d 21 Mei 2020.

Ketua LPTQ nagari Koto Sani Helvan Novendri kepada SuhaNews mengatakan, ada tiga  hal yang mendasari pelaksanaan MTQ Virtual ini, pertama peringatan Nuzul Qur’an yang jatuh pada 17 Ramadhan setiap tahun. Dan ini merupakan salah satu agenda LPTQ nagari Koto Sani sekaligus menjaring Qori-Qoriah dari masing-masing jorong.

Kedua, pelaksanaan tahun ini dalam masa pandemi dan penerapan PSBB. Dimana banyak aturan protokol pebcegahan Covid-19 yang harus dipatuhi, maka solusinya bagi LPTQ adalah melaksanakan MTQ Virtual ini.

Ketiga, mengajak generasi muda menghidupkan syiar agama memanfaatkan teknologi khususnya seni baca Al Qur’an melalui MTQ.

“ ini sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk tetap melaksanakan syiar keagamaan di tengah maraknya wabah pandemi Covid 19, dengan beribadah di rumah memang merupakan pilihan yang tepat dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, maka kami putuskan laksanakan MTQ Virtual “Ungkapnya.

Lebih lanjut evand meyampaikan, pada MTQ tersebut akan ada beberapa cabang yang akan di perlaombakan diantaranya, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Menegah.

Tambahnya, teknis pelaksanaan MTQ dengan cara para peserta lomba mengambil video rekaman tampil di rumah aja dan kemudian di kirimkan ke panitia pelaksana, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Rekaman dikirimkan ke group WA LPTQ, Santri LPTQ atau ke Nomor WA 082382577722 paling lambat kami terima hari selasa 19 Mei 2020 pukul 15.00WIB.

Wali Nagari Koto Sani Deswandi mengapresiasi langkah yang di ambil di tengah Pandemi oleh pengurus LPTQ, peringati Nuzul Qur’an dengan MTQ Virtual, pihaknya juga menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ini menjadi ajang untuk meningkatkan silaturahmi anak nagari.

“Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia, juga bulan diturunkannya Alquran, patut diisi dengan kegiatan positif. Termasuk lewat pelaksanaan MTQ Virtual ini, sehingga selain sebagai ajang musabaqah juga untuk menguatkan silaturahmi,” ujarnya saat di konfirmasi.

Baca Juga :

Deswandi berharap, agar pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan dengan maksimal, walaupun dilaksanakan secara virutal, akibat pandemi Covid 19 dan mudah-mudahan dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik Koto Sani,”Harapnya.

Hingga pendaftaran ditutup, sudah lebih seratus peserta yang mendaftar untuk seluruh cabang. Peserta masing-masing cabang dan tingkatan ini merupakan utusn 4 jorong yang ada di nagarai Koto Sani yakni Padang Belimbing, Kasiak, Limo Niniak dan Ujuang Ladang.

lptq

Terpisah, Kepala kantor Kemenag kab. Solok H. Alizar yang diminta tanggapan atas pelaksanaan MTQ Virtual oleh LPTQ nagari Koto Sani ini menyambut antusias dan apresiasi.

“Apresiasi dan rasa bangga saya pada LPTQ, Pemuda dan pemerintah nagari Koto Sani, yang ditengah kondisi pandemi ini tidak melemahkan semangat untuk terus mensyiarkan Al Qur’an. Malah hikmahnya, selangkah lebih maju dengan memanfaatkan teknologi,” sebut H. Alizar pada Rabu (19/5) sore.

Ia berharap ini menjadi motivasi bagi semua umat muslim di Kabupaten Solok khususnya generasi muda untuk selalu menghidupkan syiar Al Qur’an dalam kondisi apapun

reporter : Yosma editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...