Lumpo, IV Jurai Dilanda Banjir, Bupati Rusma Yul Anwar Salurkan Bantuan

dilanda
Pesisir Selatan, SuhaNews – Wilayah Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dilanda banjir Sabtu (18/9) akibat meluapnya Batang Lumpo.

Setidaknya 5 nagari dilanda banjir yakni, Nagari Lumpo, Nagari Taratak Tangah Lumpo, Nagari Ampuan Lumpo, Nagari Bukik Kaciak Lumpo, dan Nagari Balai Sinayan Lumpo.

“Berdasarkan data sementara jumlah rumah yang dilanda banjir sekitar 125 KK, dan 467 jiwa,” Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto.

Baca juga: Wagub Audy Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Padang

Minggu, (19/9)., Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas Sosial, PPr dan PA) yang diwakili Kabid Pelindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Rita Susandra. meninjau masyarakat terdampak banjir di wilayah Lumpo tersebut.

Setidaknya ada empat nagari yang ditinjau Bupati saat itu yaitu, Nagari Lumpo, Nagari Taratak Tangah Lumpo, Nagari Ampuan Lumpo dan Nagari Sungai Gayo Lumpo.

Pada kesempatan itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan dan melakukan dialog dengan masyarakat yang terdampak banjir, terutama berkaitan dengan penyebab banjir dan upaya penanggulangan di masa mendatang.

“Saat ini tim tengah melakukan pendataan di lapangan,” kata Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto.

Sementara itu, Rita Susandra mengatakan bahwa bantuan akan didisribusikan kepada seluruh masyarakat terdampak setelah data masyarakat lengkap diterima Dinas Sosial, PPr dan PA.

“Bantuan yang diserahkan Bupati baru secara simbolis, bantuan secara lengkap akan diserahkan setelah data lengkap,” ujar Kabid Pelindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Rita Susandra. (*)

BACA JUGA  Bupati Rusma Yul Anwar: Selain Covid-19, Waspadai Ancaman Penyakit Menular Lainnya

Baca juga: Program Normalisasi Batang Pangian untuk Cegah Banjir, Tuntas Dikerjakan

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaHadapi Porprov 2022, FASI Solok Selatan Jaring Atlet Paralayang Melalui Even Lokal
Artikel berikutnyaAnggota DPRD Sumbar Zarfi Deson Serah Bantuan 25 Unit Mesin Tempel